Universitas Pelita Harapan, A Smart and Global Campus

Sudah menjadi keharusan pendidikan karakter menjadi fokus di seluruh jenjang pendidikan. Tak terkecuali pendidikan tinggi yang mendapatkan perhatian yang cukup besar. Dari sanalah lahir generasi anak bangsa berkarakter yang kini menempati posisi penting di dunia korporat dan bisnis.

Universitas Pelita Harapan (UPH) adalah satu dari sekian institusi pendidikan terkemuka yang sadar akan tugas dan kewajibannya untuk mencetak manusia Indonesia handal, berdaya saing dan bermutu. Kampus yang modern, inovatif, komprehensif, terbuka, multibudaya dan humanis adalah gambaran UPH yang mengusung Knowlegde, Faith and Character dalam setiap gerak langkahnya.

Berdiri sejak tahun 1994 silam, beragam inovasi teknologi secara simultan telah dikembangkan UPH. Bahkan julukan sebagai a smart and global campus telah disandangnya. Perguruan tinggi swasta ternama ini menerapkan secara langsung teknologi terkini ke dalam sistem belajar-mengajar. Tak tanggung-tanggung, sertifikasi standar internasional ISO 9001:2000 pun telah dikantonginya sejak 2008 lalu.

Memang, kampus yang didirikan oleh Ir Johannes Oentoro dan Dr (HC) James Riady ini sejak awal berkomitmen untuk memberikan pendidikan dan pengajaran secara holistik dengan dukungan fasilitas kelas dunia. Komitmen tersebut tercermin dalam manajemen yang profesional, kurikulum, kemitraan global serta fasilitas modern berteknologi tinggi bagi seluruh civitas kampus.

Sebagai global campus, UPH dilengkapi dengan smart card, smart class, micropayment, e-learning, digital library, notebook hingga penyediaan jaringan nirkabel untuk akses internet. ”UPH tetap komitmen menghadirkan pendidikan dan pengajaran secara holistik yang didukung fasilitas, teknologi dan infrastruktur kelas dunia,” ujar Rektor UPH, Dr (HC) Jonathan L Parapak, M.Eng.Sc.

Berlokasi di kawasan Lippo Village, sebuah kota satelit yang dirancang begitu imajinatif memberi kenyamanan layaknya di rumah sendiri. Suasana kampus yang hangat, dimana setiap orang seperti keluarga. Dosen dan mahasiswa membangun hubungan yang kuat dan professional baik di dalam maupun di luar kelas. Tak hanya itu, sejauh mata memandang, nuansa kemewahan pun menghiasi setiap sudut kampus ini.

Sebagai kampus kelas dunia, UPH dilengkapi sejumlah laboratorium –yang dikenal sebagai yang terbaik di Indonesia. Tersedia pula fasilitas penunjang aktifitas olahraga lengkap dan berstandar internasional. Selain itu UPH juga menyediakan fasilitas asrama yang diperuntukan bagi mahasiswi tahun pertama dari luar kota.

Yang tak kalah menariknya, UPH pun dikelilingi kawasan serta fasilitas penunjang gaya hidup mulai dari restoran, kafe, pusat perbelanjaan, perbankan, toko buku –dengan ribuan koleksi baik lokal maupun internasional— kawasan bisnis dan perkantoran hingga akses langsung ke jalan bebas hambatan. Tak terkecuali keberadaan kawasan rekreasi yang menawarkan pilihan aktifitas relaksasi.

Setidaknya ada 13 fakultas untuk program sarjana diantaranya Fakultas Ekonomi, Fakultas Desain dan Teknologi Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Seni, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Kependidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Alam, Fakultas Psikologi, Fakultas Musik, Fakultas Ilmu Keperawatan dan satu Sekolah Tinggi Pariwisata. Disamping itu, UPH pun membuka delapan program magister dan satu program doktoral hukum yang berlokasi di kawasan Semanggi Jakarta. Tahun 2006, UPH juga membuka kelas internasional bagi mereka yang ingin mendapatkan gelar Bachelor di Indonesia.

Sebagai global campus, UPH pun menggandeng dengan perguruan tinggi dunia ternama seperti The National University of Singapura, Queensland University of Technology, Murdoch University, Biola University in US, Ilmenau University of Technology, Xiamen University in China dan masih banyak lagi. Dengan fasilitas dan jaringan kelas dunia yang dimiliki, tak heran bila kelas internasional UPH diminati para calon mahasiswa mancanegara. Setidaknya, di kampus multi-kultural ini tercatat ada lebih dari sepuluh negara, termasuk Amerika Serikat, Rusia, China, Korea dan Jerman.

Dalam perkembangannya, sebagai a smart campus, baru-baru ini UPH meluncurkan penerapan aplikasi Mobile Campus BlackBerry. Sebuah aplikasi mobile hasil sinergi Telkomsel dan Research In Motion (RIM) khusus untuk mahasiswa UPH Karawaci dan merupakan yang pertama di Indonesia. Lewat aplikasi ini, mahasiswa bisa mendapatkan informasi mulai dari jawdal kuliah, materi akademik, data akademik pribadi seperti IPK dan grafik prestasi hingga melakukan pembayaran uang kuliah.

Kehadiran Telkomsel yang menggangdeng RIM ini didasarkan pada pertimbangan bahwa BlackBerry merupakan smarphone yang umum digunakan masyarakat Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Bahkan Direktur Senior IT UPH, Reyner Wayong pun mengklaim bahwa 90 persen dari total 10 ribu mahasiswa UPH merupakan pengguna BlackBerry. Layanan ini menujukkan reputasi UPH sebagai kampus yang memiliki fasilitas insfrastruktur IT yang terintegrasi. “Jika sebelumnya, diakses lewat komputer atau notebook, lewat ATM (Academic Teller Machine) dan kini lewat BlackBerry,” ujarnya.

Tentu saja, penyediaan fasilitas ini melengkapi ragam fasilitas yang sudah ada sebelumnya guna membantu seluruh civitas akademika UPH mulai dari dosen hingga mahasiswa. [QA]

Catatan: Artikel ini ditulis dan dimuat untuk Majalah QUALITY ACTION, Edisi 01/Oktober 2011

One thought on “Universitas Pelita Harapan, A Smart and Global Campus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s