Kecintaan Annisa Pohan pada Batik

Tak hanya cantik dan pintar, Annisa Pohan tampak begitu anggun dengan balutan batik berwarna biru. Presenter cantik yang juga menantu Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono ini, dikenal sebagai selebriti yang sangat peduli akan kelestarian warisan budaya leluhur, khususnya batik.

Kecintaan Annisa pada batik tak perlu diragukan lagi. Hampir disetiap kesempatan, wanita yang tengah hamil muda ini, selalu mengenakan busana batik. Tak heran pula jika istri dari Agus Harimurti Yudhoyono ini ditunjuk sebagai brand ambassador Allure, sebuah merek batik.

Meski ada anggapan di kalangan anak muda, jika pakaian batik identik dengan busana orang tua, tapi Annisa optimis batik pasti akan dicintai masyarakat Indonesia. Karena itu, wanita kelahiran Boston, Amerika Serikat, 20 November 1981, tak merasa lelah sedikitpun untuk terus mempopulerkan batik.

Terlebih lagi dengan adanya ‘klaim’ dari negeri tetangga yang ingin mempatenkan batik, membuat resah pemilik nama lengkap Annisa Larasati Pohan. Maklum, sedari kecil ia mengaku suka mengenakan batik. Berikut petikan wawancara VIEW bersama disela-sela kegiatan promosi batik untuk anak-anak beberapa waktu lalu.

VIEW: Sejak kapan Anda menyukai batik?

ANNISA: Wah, sudah dari sejak kecil. Karena sejak dulu, bunda kerap memakai busana batik di berbagai kesempatan.

VIEW: Kalau begitu sudah berapa banyak koleksi batik Anda?

ANNISA: Wah berapa banyak ya. Banyak banget deh. Bahkan beberapa barik dari masing-masing daerah, juga ada.

VIEW: Batik di mata Anda?

ANNISA: Bagi saya, batik itu bisa dipakai untuk acara formal maupun informal. Terlebih, batik sekarang lebih modern, bisa dipadukan dengan busana apa pun. Juga bisa dibuat gaun yang cantik. Saya berharap kaum muda dapat lebih mencintai batik dan tidak ragu-ragu lagi untuk memakai batik. Dan, sepertinya saya juga akan terus mencintai batik.

VIEW: Lantas bagaimana komentar orang-orang di sekitar Anda ketika mengenakan batik?

ANNISA: Ibu mertua saya selalu tanya, baju kamu bagus sekali, jahit di mana. Beliau kerap memuji baju-baju batik yang dikenakan saya. Katanya baju-baju batik saya modern dan lucu-lucu.

VIEW: Sebagai ikon Allure, bagaimana komentar Anda tentang Allure yang kini mengeluarkan Allure Kids?

ANNISA: Wah, saya senang sekali, akhirnya Allure Kids yang selama ini ditunggu-tunggu bisa hadir di tengah-tengah masyarakat. Apalagi saat ini perhatian masyarakat terhadap batik semakin besar. Kehadiran Allure Kids memberi peluang bagi anak-anak Indonesia untuk tampil gaya dengan batik.

VIEW: Apakah ada kaitannya antara peluncuran Allure Kids dengan kehamilan anda?

ANNISA: Tahun ini memang berkah buat saya. Ketika suami pulang dan tak lama kemudian, saya hamil. Tentunya berkah juga buat Allure, semoga makin sukses di kemudian hari. Namun, peluncuran Allure Kids ini, bukan karena disesuaikan dengan kehamilan saya.

VIEW: Lantas apa impian Anda untuk sang buah hati dengan adanya produk Allure Kids ini?

ANNISA: Saya sering menghayal jika anakku lahir nanti, saya ingin sekali memakaikan baju batik. Walaupun, sampai saat ini, saya juga belum tahu apakah laki-laki atau perempuan. Tapi yang pasti, saat lahir nanti, saya ingin dandani dengan batik. Saya akan memesan secara khusus kepada desainer Allure. Paling tidak, usia satu tahun anakku sudah pakai batik. Model baju batiknya pun harus serasi dengan busana ibu dan bapaknya. Modelnya nggak harus sama, tapi minimal warnanya saja. Karena itu, saya pun berharap seluruh keluarga muda di Indonesia, semakin suka mengenakan batik.[view]

Artikel ini dimuat di majalah VIEW edisi Juni 2008

4 thoughts on “Kecintaan Annisa Pohan pada Batik

Leave a Reply

