Bumbu ‘Penyedap’ Politik

Entah latah atau memang sekedar trik mendulang ‘peluang’ di atas popularitas selebritas, hingga partai politik pun menggandeng mereka untuk maju sebagai calon legislatif (caleg). Sejumlah nama para selebriti ‘nangkring’ di nomor urut jadi untuk sejumlah daerah pemilihan yang diusung parpol.

Rupanya sukses Rano Karno yang tampil menemani Ismeth Iskandar memimpin Kabupaten Tangerang. Disusul kemenangan Dede Yusuf, legislator dari PAN di pilkada gubernur Jawa Barat mendampingi Ahmad Heriawan, legislator dari PKS. Dan tentunya, sebelum itu tingkah polah ‘manis’ legislator berlabel selebriti di Senayan seperti Adji Masaaid, Angelina Sondaah, Marissa Haque –yang harus turun karena ikut pilkada gubernur Banten meski kalah– hingga H Komar membuat parpol kesemsem dengan wajah para selebriti.

Terlepas dari kegagalan, Helmy Yahya (meski belum ada keputusan tetap), Saipul Jamil dalam pilkada di Sumatera Selatan dan Serang Banten. Parpol tetap beranggapan sosok artis akan menjadi amunisi tokcer meraup suara.

Sebut saja, parpol dibawah pimpinan Soetrisno Bachir –yang kerap menyapa di layar kaca, Partai Amanat Nasional (PAN) yang tak tanggung-tanggung merangkul sekira 18 artis untuk melenggang ke pemilu 2009 nanti. Mereka adalah Wulan Guritno, Marini Zumarnis, Eko Patrio, Ikang Fawzi, Derry Drajat, Adrian Maulana, Raslina Rasyidin, Tito Soemarsono, Maylaffayza, Mandra, Mara Karma, Cahyono, Henidar Amroe, Eka Sapta, Lucky Artadipraja, Intan Sevilla, Poppy Maretha, dan Irene Librawati. Meski secara nama penulis hanya mengenal beberapa saja diantaranya.

Lantas, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggandeng Marissa Haque, Evie Tamala, Lyra Virna, Ferry Irawan, Okky Asokawati, Ratih Sanggarwati, dan Julia Perez. Bahkan beberapa artis yang kembali dicalonkan oleh partai berlambang ka’bah ini adalah Emilia Contessa dan anaknya, Denada, Mieke Wijaya, Rahman Yacob, dan Soultan Saladin.

Di gerbong PDIP sendiri, artis yang ikut bergabung adalah Sonny Tulung, Rieke Dyah Pitaloka, Edo Kondologit dan Deddy ‘Miing’ Gumelar. Partai Golkar seakan tak habis amunisi untuk merangkul calon konstituen dengan menggandeng sejumlah artis diantaranya Tantowi Yahya, Nurul Arifin, Jeremi Thomas dan Dharma Oratmangun. Pun dengan partai pimpinan Prabowo, Gerindra mencoba peruntungan dengan menempatkan Rachel Maryam di nomor jadi untuk salah satu daerah pemilihan Jawa Barat.

Petinggi PPP menegaskan, bahwa hadirnya deretan nama artis –yang menjadi caleg PPP– itu bukan merupakan latah mengikuti caleg partai lain dari kalangan artis.  Hal senada pun diungkap pimpinan PAN, yang menilai artis sama saja dengan ilmuwan, cendekiawan, atau politisi sekalipun.  Bisa jadi itu  yang menyebabkan PAN memborong artis untuk dijadikan calegnya.

Ikang Fawzi, caleg PAN yang ditempatkan di Banten I pun ikut bersuara, dengan menegaskan bahwa banyak yang tidak sadar bahwa artis itu punya potensi yang luar biasa, artis mampu menjadi komunikator yang baik. Mengutip perkataannya, bahwa setiap produk membutuhkan entertainment, produk sosial saja butuh entertainment, begitu juga produk politik. Caleg ini pun paling tidak harus bertarung dengan sang istri yang bernaung di bawah ka’bah.

Para pengamat menilai, dengan banyaknya artis yang dicalonkan Parpol menjadi Caleg menandakan ada masalah regenerasi dan kaderisasi kepemimpinan di partai tersebut. Dan tak pelak lagi, ada partai yang kemudian lebih mementingkan berpolitik secara ‘instan’ dengan mengandalkan popularitas calon ketimbang kapabilitasnya.

Jika yang disindir pengamat politik itu benar adanya, kehadiran selebritis di panggung politik tak lebih sekedar sebagai bumbu penyedap politik itu sendiri. Memang, pekerja hiburan itu serasa manis, tampak kinclong, dan enak dipandang mata. Dan bisa jadi hal ini akan sedikit ‘membius’ para pemilih di pemilu 2009 yang akan datang.

Benarkah demikian? Diakui atau tidak, petinggi PAN menegaskan pihaknya bakal melakukan pelatihan politik bagi kalangan artis yang diajukan maju menjadi caleg. ***

Hayat FR

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s