Ketika ‘Laskar Pelangi’ Menyerbu Bioskop

poster ini diamabil dari situs resmi film laskar pelangi

Subhanallah. Dari film ini saya pribadi banyak mendapatkan pencerahan. Betapa tidak, setiap jengkal ceritanya sarat akan makna.

Dan akhirnya film ini tidak begitu jauh dengan semangat novelnya. Meski diakui oleh sang penulis, ada beberapa yang ditambahkan dalam ceritanya. Ya, inilah yang saya dapat ketika preview film yang dinanti-nanti para pecinta film dan khususnya yang telah membaca novel Laskar Pelangi.

Hari pertama pembukaan kelas baru di sekolah SD Muhammadiyah menjadi sangat menegangkan bagi dua guru luar biasa, Muslimah –yang dimainkan secara apik oleh Cut ini– dan Pak Harfan dilakoni oleh Ikranegara, serta 9 murid yang menunggu di sekolah yang terletak di desa Gantong, Belitong. Sebab kalau tidak mencapai 10 orang murid yang mendaftar, sekolah akan ditutup. Setelah lama menunggu hingga akhirnya lepas jam 11.00 siang, muncullah Harun (Jeffri Yanuar). Ya inilah murid istimewa yang menyelamatkan mereka.

Inilah adaptasi sinema dari novel fenomenal Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang mengambil setting di akhir tahun 70-an di kawasan Belitong. Adalah 12 anak asli Belitong dan 12 aktor senior inilah yang membuat film ini lebih hidup dan lebih artikulatif dari novelnya.

Ya betapa tidak, novel yang menggambarkan kalangan pinggiran dalam mendapatkan pendidikan –yang begitu mahal– itu sangat menggugah hati. Hal ini tampak jelas pada perjuangan Lintang (Ferdian) yang harus mengayuh sepedanya berkilo-kilo. Tidak hanya itu ia pun kerap harus ekstra hati-hati menunggu si buaya rawa melewati jalan setapak yang ia lalui saban harinya. Pun dengan kondisi keluarganya yang pada akhirnya, Lintang harus menyerah dengan keadaan setelah ayahnya meninggal dunia. Padahal ia anak yang jenius, bahkan di atas rata-rata.

Perjuangan berat pun tampak jelas pada Pak guru Arfan yang harus terus memompa semangat para anak didiknya, guru Muslimah dalam kelangsungan sekolahnya. Inilah yang membuat haru-biru film ini.

Sisi jenaka yang digambarkan anak-anak pun kerap menghiasi film yang sarat akan makna ini. Betapa tidak ketika, Mahar (Verrys Yamarno) yang sok seniman dengan radionya yang selalu ditentengnya. Pun dengan Ikal (Zulfanny) yang begitu lugu ketika terjerat pesona kuku yang lentik si A Ling (Levina). Atau ketika kekelucuan-kelucuan dari para pemain lainnya.

Pada akhirnya, film produksi Miles Films dan Mizan Productions dengan dukungan penuh dari Pertamina Foundation, Bank Mandiri, Telkom dan Timah ini sangat layak dan harus ditonton bagi mereka yang haus akan inspirasi, motivasi dalam menjalani hakikat hidup.

Dan film ini yang tayang serentak di bioskop, Kamis (25/9) kemarin mampu menyedot animo masyarakat untuk menontonnya. Selamat Menonton dan anda akan banya mendapatkan hikmah dari film besutan Riri Riza ini. Jangan lupa, bolehlah kiranya anda ajak seluruh anggota keluarga. Maaf ini bukan promosi, tapi lebih pada berbagi manfaat sekiranya film itu memang layak ditonton.

“Hidup itu harus memberi sebanyak-banyaknya, janganlah menerima sebanyak-banyaknya.” Pak guru Arfan.

Advertisements

4 thoughts on “Ketika ‘Laskar Pelangi’ Menyerbu Bioskop

  1. Hahahahah…iyah Mas, saya sampe mewek pas nonton…Tapi sedetik kemudian bisa langsung ngakak gag jelas…
    pokoknya nih fiLm wajib nonton Lah…
    Adik saya yang maLes sekoLah minta ampun tiba2 jadi keranjingan beLajar abis nonton si Lintang…heheheheh…mudah2an Indonesia makin kaya dengan seniman2 jempoLan kaya Mas Andrea dan RiRi Riza…

    BTW Pertamax…hahahah…

  2. “Hahahahah…iyah Mas, saya sampe mewek pas nonton…Tapi sedetik kemudian bisa langsung ngakak gag jelas…”

    wahh awas jangan keterusan mewek dan ngakak ga jelas gitu doong syifa… tar keterusan deh…. :>

  3. kocak abiiiiizzzz,..ngiriss2 nyayatt222,..poool,…bagi guweee ini baru selera yng bercitarasa tinggi asli anak negeri,..
    ibarat makanan nech qw ampir lupa tuch ma ketupat lebaran,..soalna mulai perdana tayang ampe sekarang ( 7 okt ) qw dah 6 kali nonton,..dan besok ada rencana lagi maw ngantri en desak-desan di delta plasa surabaya,..mungkin kalo belom 10 kali nonton bagi guwee belon afdhoool,…1000 jempoll buat genk kribo ( andrea,..riri,..cs)

  4. “soalna mulai perdana tayang ampe sekarang ( 7 okt ) qw dah 6 kali nonton,..dan besok ada rencana lagi maw ngantri en desak-desan di delta plasa surabaya,..mungkin kalo belom 10 kali nonton bagi guwee belon afdhoool,…1000 jempoll buat genk kribo ( andrea,..riri,..cs)”

    waduhhhh….. salut deh buat rizal… yg dah rela ngabisin duit buat nonton ini film… ngantri lagi…. tar saya sampein ke riri dan andrea plus mba mira tentunya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s