Reuni Antara Nicholas dan Dian Sastro

Di tengah membanjirnya pendatang baru di jagat film, kedua bintang muda ini sepertinya masih mendapatkan tempat tersendiri di hati pecinta film nasional. Meski telah lama absen di dunia akting, ‘pamor’ keduanya tetap bersinar tak sekedar di panggung film. Maklum, sejak keduanya menangguk sukses di film, Ada Apa Dengan Cinta (2002), sosoknya sering berseliweran di layar kaca.

Dan di penghujung tahun ini, dunia perfilman nasional kembali diramaikan dengan hadirnya dua film baru yang mempertemukan kembali dua bintang muda itu. Ya, aktor ganteng Nicholas Saputra akan beradu akting dengan aktris cantik Dian Sastrowardoyo di dua film, Drupadi dan 3 Doa 3 Cinta. Kedua film itu pun bakal tayang berbarengan di bulan Desember nanti.

Dalam Drupadi, Dian tampil sebagai pemeran Drupadi, sosok wanita yang digambarkan paling jelita sejagat yang lahir dari api. Dalam Mahabharata, karakter Drupadi sangat menonjol selain karena kecantikannya, ia juga sangat cerdas, berani dan tak segan mengungkapkan pendapatnya. Drupadi melawan saat dirinya dijadikan barang taruhan. Sementara Nicholas, berperan sebagai Arjuna, ksatria paling tampan di seluruh jagad. Di film ini dikisahkan Arjunalah yang memenangkan Drupadi dalam pertandingan busur,  tapi kemudian Drupadi dipersembahkan kepada seluruh Pandawa.

Sederet pelakon ikut bermain dalam proyek ini, di antaranya Butet Kartarejasa yang berperan sebagai  Sengkuni; Dwi Sasono sebagai Yudhistira; Ario Bayu sebagai Bhima dan pendatang baru, si kembar Aditya Bagus Santosa dan Aditya Bagus Sambada berperan sebagai Nakula dan Sadewa. Sedangkan di pihak Kurawa –musuh bebuyutan Pandawa— dimainkan seniman padepokan seni Bagong Kussudiardjo, yakni Whani Darmawan sebagai Suyudana, dan Djarot B. Dharsana sebagai Dursasana.

Di film ini pula, keterlibatan Dian tak sebatas sebagai pemain saja. Bersama Mira Lesmana dan Wisnu Darmawan, gadis kelahiran Jakarta, 16 Maret 1982 ini bertindak sebagai produser. Sementara Riri Riza –sutradara muda yang tengah naik daun— didapuk sebagai sutradara film yang diproduksi SinemArt ini. “Film Drupadi dibuat sebagai apresiasi kami, para pekerja seni, kepada dunia seni Indonesia, dan juga memberikan  warna baru dalam industri perfilman,” tegas Dian.
Sementara di film 3 Doa 3 Cinta –karya perdana film layar lebar dari sutradara muda, Nurman Hakim— yang bertutur tentang persahabatan tiga santri remaja di sebuah pesantren di kota kecil di Jawa Tengah. Di film ini, Nicholas yang bermain sebagai Huda, sedangkan Dian Sastro berlakon sebagai Dona, penyanyi dangdut keliling. Film produksi bersama antara TriXimages dan Investasi Film Indonesia (IFI) ini menggandeng seniman Butet Kartaredjasa dan Jajang C Noer untuk mendukung film ini.

Film yang Oktober lalu diputar di ajang Pusan International Film Festival 2008 di Korea Selatan ini, menurut rencana bakal tayang serentak di bioskop pada 18 Desember mendatang. “Pesan utama dari film ini adalah kedamaian dan cinta mengalahkan segala bentuk kekerasan dan kebencian,” tutur Nurman Hakim, sutradara sekaligus penulis film ini.

Akankah reuni dua bintang muda ini sukses di pasar film nasional seperti proyek film terdahulunya. Terlebih kedua film yang mempertemukan keduanya ini berada pada genre dan setting yang berbeda. Kita tunggu saja, aksi ‘Drupadi’ mencari cinta. Pun dengan tiga doa ‘Arjuna’ mencari cinta.

Tulisan ini ditulis dan dimuat untuk VIEW edisi November 2008

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s