Energi Matahari: 1 KW/M2 Area Bumi

Energi matahari, energi  natural ciptaan Allah Subhanahu Wata’ala yang tidak habis dan kita dapat memakainya dimana pun berada.

Apakah Anda dapat menghitung kapasitas energi matahari  apabila menyinari bumi. Di saat hari yang cerah, energi matahari yang menyinari bumi menghasilkan rata – rata satu kilowatt per meter persegi area bumi. Berarti dalam satu jam energi matahari yang menyinari bumi mampu mensuplai energy yang dibutuhkan  di seluruh dunia untuk 1 tahun. Jika energi matahari dapat diserap diatas 1 % dari luas permukaan bumi, maka akan menutupi konsumsi energi listirik listik yang dibutuhkan untuk seluruh dunia. Permukaan bumi  disinari matahari dengan jumlah volume yang sangat besar.

Tidak seperti minyak bumi, batu bara dan energi fosil lainnya, energi matahari ramah lingkungan, untuk pemakaiannya tidak menghasilkan emisi gas buang CO2 yang dapat merusak lingkungan. Ini sangat kontras, energi fosil dihasilkan dari sumber bawah tanah yang mana tidak semua bangsa mempunyai tanah yang mempunyai sumber energi tersebut, sedangkan energi matahari dapat  dihasilkan dari mana saja,  di penjuru dunia mana pun. Dan tidak ada pembakaran untuk proses energi matahari ini.  Jika energi matahari bersinar dengan terang, maka energi matahari dapat diperoleh dipenjuru dunia.

Sampai hari ini , kita dihadapkan oleh masalah pemanasan global dan perusakan lingkungan, untuk mencari cara penanganan masalah tersebut, energi matahari adalah solusi yang efektif dan signifikan utnuk dunia dimana kita harus berhemat dan nyaman dalam menggunakan energi sehari – hari.

Sekali lagi, kita sebagai manusia tidak akan bisa menandinginya dengan segala kecongkakan kita terhadap alam yang telah disediakan oleh yang Maha Kuasa ini.

Masihkah kita tidak bersyukur dengan hal ini. Setiap hari kita masih bisa bertemu dengan cerahnya sinar matahari. Namun terkadang kita tetap masih mengeluhnya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s