Gaya Rambut, Fashion dan Riasan Wajah 2009

png
foto by Fernandez

Penampilan seseorang tak melulu dipengaruhi gaya berbusana. Mulai dari Paris, Milan,  Singapura hingga Indonesia, sejatinya setiap wanita akan memberikan pandangan yang berbeda terhadap arti kecantikan. Meski pada akhirnya dari perbedaan itu muncul tren yang terus berulang, dan kembali menjadi tren di tahun 2009 ini.

Biasanya inspirasi tren yang diusung para pelaku mode dan dunia kecantikan.  Perputaran arah mode dan tren kecantikan itu cenderung mengusung tema yang selalu berulang dengan dinamika baru. Dan di tahun 2009, isu global warming yang tengah menggejala ikut mewarnai tren warna dan gaya rambut, make-up serta fashion yang diusung brand lokal maupun brand global.

Sebut saja Zenergetics, gaya rambut dan tata rias yang terinspirasi unsur alam. Kreasi Rudy Hadisuwarno ini, menampilkan karakter dan kecantikan seseorang sebagai individu. Dengan imajinasi tinggi, penata rambut terkemuka selama 40 tahun ini, menghadirkan rangkaian tata rambut dan riasan terlihat ringan, natural namun berkarakter kuat. Zenergetics menampilkan empat variasi gaya, yakni Natural Zen, Passionate Zen, Modern Zen dan Urban Zen.

Pada gaya Natural Zen, menampilkan kecantikan berkarakter bijaksana dan intelektual namun tetap rileks dengan karakter rambut ringan melayang. Sementara Passionate Zen,  menampilkan kesan sosok carefree nan anggun dan romantis. Menarik dengan paduan tatanan gaya rambut wet look, sentuhan warna rambut matte serta riasan bernuansa biru kehijauan.

Tampilan gaya modern pada Modern Zen,  dipengaruhi unsur api yang membara penuh energi. Karakter rambut lebih funky, namun berkesan modern dengan potongan tegas, dipadu dengan warna rambut merah-oranye. Gaya ini pun dipertegas dengan riasan gelap di seputar mata dan sentuhan warna merah pada bibir.

Sementara bagi wanita dewasa yang ingin tetap tampil cantik, elegan, mapan dan tampak lebih dewasa bisa menerapkan gaya Urban Zen. Gaya yang diaplikasikan lewat sentuhan warna rambut kecoklatan, ditambah highlight keemasan dengan polesan warna coklat pada riasan wajah.

foto by fernandez
foto by fernandez

“ Tren ini dapat menjadi acuan bagi masyarakat Indonesia yang ingin tampil cantik dan mengikuti mode,” ujar Rudy Hadisuwarno, maestro sekaligus pemilik jaringan salon di bawah bendera Rudy Hadisuwarno Organization.

Rumah gaya Johnny Andrean, juga menawarkan pilihan dandanan rambut dan riasan wajah yang cenderung pada warna-warna ungu plum, merah cabai, oranye dan kuning. Pada tatanan rambut, Johnny Andrean merekomendasikan gaya rambut lurus alami dengan tekstur menonjol serta helaian yang halus.

Gaya rambut seperti ini bakal digemari kembali. Bagi yang berani tampil beda, bisa mengaplikasikan konsep concave dramatis yang bisa diaplikasikan pada rambut pendek –yang biasanya membentuk rambut potongan bob concave. Bisa pula diaplikasikan pada rambut panjang sedang maupun rambut panjang.

Pada riasan wajah, Johnny lebih memilih riasan yang mencerminkan kulit bersih, bening dan cemerlang dengan dasar riasan berefek shimmer yang sangat ringan. Dan pada polesan riasan wajah yang simpel dan alami lewat warna-warna netral, lebih menarik jika dipadu dengan lipstik bernuansa cerah.

Sebagai penyempurnaan dalam penampilan, busana dan aksesori lebih pada gaya busana  bersiluet simpel dan nyaman. Misalnya, gaun terusan selutut, rok lebar, celana capri, dan tank top dengan sentuhan warna merah, oranye, kuning dan ungu. “Paling tidak inilah yang diprediksikan akan menjadi popular di tahun 2009,” papar Johnny Andrean.

Begitu pula dengan pemain global, Procter & Gamble (P&G) –yang menjadikan Indonesia sebagai pasar potensialnya— lewat P&G Beauty-nya menawarkan New Look For A New You sebagai tema tren rambut, make-up dan fashion 2009. Dalam hal ini, P&G Beauty menggandeng para pakar tata rias Alfons, Andiyanto, Irwan Mulyadi, Jacky Timurtius, Jonki Pitoy, Sugimartono, Rudy Hadisuwarno dan Kusumadewi Sutanto untuk menerjemahkan tema tersebut. Delapan maestro inilah terlahir tiga model yang menjadi tren 2009, yakni Eighties, Ethnic, dan Futuristic.

Pada dasarnya, gaya Eighties (80’s) yang mudah ditata dan lebih up-to-date. Tidak terkesan ‘jadul’ dan cocok digunakan saat-saat romantis atau hang-out dengan keluarga. Lalu tatanan Ethnic, lebih pas untuk acara forman maupun semi formal. Sementara model Futuristic sangat cocok untuk aktifitas kantor atau bisnis lainnya. Tampilan baru yang ditawarkan P&G Beauty ini masih menggunakan pewarnaan yang senada dengan sedikit splash dan highlight.

Dan sepertinya P&G pun dipengaruhi tren dunia yang masih menyukai gaya flawless face untuk riasan wajah tahun ini. Dimana wajah yang sehat, segar dan cerah terlihat sempurna, alami bak pualam. Tentunya hal ini menggunakan make-up seminimal mungkin, bahkan bisa jadi tanpa make-up sama sekali.

Untuk menghadirkan kesan flawless face ini, riasan difokuskan pada bagian mata. Dalam hal ini, bulu mata sedikit ditampilkan tebal dan panjang. Lalu bibir tampil Glowing Nude. Wajah hampir tidak diberi shading. Sementara bagian pipi hanya diberi sedikit Blush-on untuk memperkuat kesan sehat dan alami dengan warna-warna lembut dan earthy.

New Look for A New You, tak sekadar menjadi sebuah patokan tren 2009, melainkan juga sebuah pernyataan bahwa kesempurnaan bisa tercapai dengan adanya kerjasama antara generasi saat ini dengan generasi masa mendatang,” tegas Bambang Sumaryanto, External Relation Director P&G Home Products Indonesia.

Tulisan ini ditulis dan dimuat untuk VIEW edisi Januari 2009

Advertisements

6 thoughts on “Gaya Rambut, Fashion dan Riasan Wajah 2009

  1. Pingback: artikel « Muula's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s