Bincang-Bincang Bersama Shireen Sungkar

foto: dokumen bintang indonesia

foto: dokumen bintang indonesia

Sejak kemunculannya di sinetron Cinta Fitri di SCTV, –yang kini tengah memasuki jilid tiga— sosok Shireen Sungkar (17) kian popular saja. Terlebih ia dinobatkan sebagai Aktris Paling Ngetop di ajang SCTV Awards 2008. Kini, Shireen tak hanya menjadi bintang sinetron, tapi juga penyanyi pendatang baru di blantika musik tanah air. Bersama sang kakak, Zaskia Sungkar (19), ia membentuk duo The Sister yang boleh dibilang sukses merilis album perdananya The Journey Of Love (2008) di bawah label Nagaswara.

Shireen yang menyukai akting sedari kecil, mengawali karirnya sebagai semifinalis covergirl sebuah majalah remaja di tahun 2006. Dewi keberuntungan berpihak padanya ketika mengantar kerabatnya kasting di rumah produksi SinemArt. Tak dinyana gadis hitam manis ini pun dilirik pencari bakat. Jadilah ia main di sinetron  Bukan Diriku bersama Baim Wong dan Ririn Dwi Ariyanti, meski sebagai pemeran pendukung. Lewat sinteron Wulan bersama Dhini Aminarti, namanya mulai diperhitungkan. Lepas dari SinemArt, kekasih Adly Fairuz ini bernaung di MD Entertainment dan langsung mendapat peran utama sebagai Fitri dalam Cinta Fitri.
Memang, sejak namanya melejit, Shireen kerap menerima tawaran bermain di layar lebar. Namun, hingga kini dia menolak. Bukan hanya karena belum menemukan cerita yang pas, alasan waktu menjadi penghambat utamanya. “Ya, memang (agak dibatasi). Walau pengin, aku kan nggak terlalu melihat pendapatan, tapi kesehatan juga,” ujarnya.

Di tengah kesibukannya sebagai pemain sinetron dan penyanyi, dara cantik kelahiran Jakarta, 28 Januari 1992 ini konon tengah dirundung kepanikan. Pasalnya, putri dari pasangan Mark Sungkar dan Fanny Bauty ini akan menghadapi Ujian Nasional (UN). Disela-sela sebuah talkshow yang digelar penerbit buku, yang mengangkat isu Ujian Menjelang, Panik pun Datang, siswi kelas tiga SMA Triguna Jakarta ini mengakui akan hal itu.

Berikut bincang-bincang VIEW dengan Shireen seputar kesiapannya menghadapi ujian akhir April mendatang, yang kabarnya membuat panik banyak pelajar dan para orangtua.

VIEW: Menjelang ujian nasional, sebagai seorang siswi kelas tiga bagaimana perasaanmu?
SHIREEN: Jujur ya, aku panik banget. Apalagi pada dasarnya, aku memang orangnya cepat panik.

VIEW: Kalau kamu  panik, lalu bagaimana dengan orangtuamu?
SHIREEN: Sebenarnya mereka juga merasa panic dan deg-degan. Tapi orangtuaku bilang, kalau mereka panik, nanti malah berabe. Jadi sebisa mungkin mereka tidak menunjukan kepanikannya.

VIEW: Lantas apa yang kamu lakukan?
SHIREEN: Selama ini sih aku lebih banyak mengerjakan soal-soal berdasarkan kisi-kisi yang diberikan sekolah, sehingga menjadi terbiasa saat menjalani ujian yang sebenarnya.

VIEW: Kamu sendiri kan sibuk syuting, lalu kapan dan di mana hal itu dilakukan?
SHIREEN: Selain di sekolah, aku menyempatkan diri untuk belajar di lokasi syuting. Dan saat ini lagi fokus belajar di lokasi syuting. Sebisaku memanfaatkan di sela-sela waktu break syuting yang dimulai dari jam empat sore hingga jam sebelas malam.

VIEW: Apakah ada kebijakan khusus dari pihak rumah produksi?
SHIREEN: Kebijakan khusus sih tidak ada, sebenarnya sesuai jadwal syuting baru selesai Maret ini. Nah, kalau boleh aku sih mau istirahat dulu. Itupun kalau boleh, kalau tidak boleh, terus aku maksa, nanti dituntut.

VIEW: Pelajaran apa yang paling tidak disukai?
SHIREEN: Matematika dan Geografi. Meski demikian, tetap aku jalani, nggak boleh takut. Selain itu ada pelajaran yang aku anggap agak rumit, yaitu bahasa Indonesia. Karena sangat berbeda bahasa yang dipelajari dengan bahasa yang digunakan sehari-hari.

VIEW: Tadi kamu mengaku panik, apakah kamu yakin akan lulus?
SHIREEN: Harus yakin. Aku sih positif thingking saja, nggak boleh sampai tidak lulus, meski standar kelulusannya naik jadi 5,50.

VIEW: Lantas setelah lulus nanti, rencananya mau ambil jurusan apa?
SHIREEN: Aku sih inginnya ambil jurusan PR (Public Relation).

Artikel ini ditulis dan dimuat untuk VIEW Edisi Maret 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s