Top Stylist, Reality Show Ala Hairdresser

Ajang pencarian bakat yang dikemas dalam program reality show terus menghiasi layar kaca. Acara yang makin diminati ini, menjadi pesaing tayangan-tayangan sinetron. Dan, mulai Juni nanti, sebuah reality show bertajuk Top Stylist bakal hadir menyapa pemirsa, terutama para penganut tren rambut masa kini.

Reality show Top Stylist –yang merupakan ajang pencarian bakat di bidang penataan rambut— terbilang baru ini, mengadopsi tayangan berformat sejenis yang tayang di Amerika Serikat, Project Runway. Sebanyak 12  finalis akan berkompetisi sebagai stylist dengan tantangan yang berbeda dalam setiap episodenya.

Dalam Top Stylist dengan jargon Cut or to be cut ini, akan menghadirkan Gunawan Hadisuwarno sebagai mentor bagi finalis yang akan membantu sekaligus memberikan masukan bagi para finalis. Sementara tim juri, dikomandoi pakar rambut nasional, Rudi Hadisuwarno, pakar penata rambut, pemerhati kecantikan dan gaya hidup.

“Yang kami cari, adalah seorang penata rambut yang mampu menghadapi tantangan serta menghadirkan ide-ide cerdas dan kreatif untuk sebuah penataan rambut yang total look, siap pakai dan tentu saja mengikuti tren,” ujar Rudi Hadisuwarno pemilik jaringan salon Rudy Hadisuwarno, juri yang akan bertugas memberikan penilaian pada guntingan dan kreasi rambut.

Menurut penyelenggaranya, acara akan ditayangkan di stasiun televisi ANTV berdurasi satu jam setiap episodenya. Top Stylist yang akan menampilkan duabelas finalis hasil audisi dari sejumlah kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya ini direncanakan tampil sebanyak delapan episode, ditambah satu grand final yang tayang live. Audisinya, yang menguji kemampuan menggunting rambut di atas manekin, telah berlangsung sejak Februari lalu dan diikuti sekitar 375 orang.

Acara yang disponsori pabrikan kosmetik asal Amerika Serikat, Matrix, tak ubahnya dengan reality show lainnya. Keduabelas finalis akan menjalani karantina di fX Style Residence, selama proses produksi berlangsung. Seperti reality show lainnya, pemirsa televisi bisa berpartisipasi lewat pesan pendek telepon genggam (SMS), meskipun penilaian juri lebih berpengaruh dibanding perolehan SMS.

Tak tanggung-tanggung, hadiah yang bakal diperebutkan adalah satu unit usaha salon lengkap dan jalan-jalan mengunjungi Matrix Global Academy di Fifth Avenue, New York, Amerika Serikat. Selama sepekan di akademi profesional rambut berskala internasional itu, sang jawara Top Stylist akan belajar dengan pakar penataan rambut internasional. Tak hanya itu, gelaran peragaan koleksi musim panas 2010 yang digelar di New York, juga akan menjadi agenda kunjungan bagi sang pemenang Top Stylist 2009. [VIEW]

Tulisan ini ditulis dan dimuat untuk VIEW edisi Mei 2009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s