Farah Quinn

foto by fernandez view

foto by fernandez view

Nama Farah Quinn, 29 tahun, kian tenar saja. Pemandu acara masak memasak bertitel Ala Chef di Trans TV ini, tengah menjadi buah bibir. Maklum, Farah boleh dibilang chef yang sempurna. Tak hanya piawai memasak, tapi juga cantik, seksi dan keren. Tak heran, bila program acara kuliner ber-setting di alam terbuka ini banyak diminati pemirsa televisi. Koki cantik yang seksi ini makin membuat acara masak memasaknya makin  yummy..

Dunia kuliner bukanlah hal yang baru baginya. Sejak di bangku SD, dapur menjadi tempat yang mengasyikkan bagi wanita kelahiran Bandung, 8 April 1980 ini. Pun ketika ia kuliah di Amerika, aktifitas masak memasak baginya sangat menggoda. Karena itu, setelah merampungkan kuliahnya di jurusan finance, ia kembali kuliah di bidang kuliner spesialisasi pastry di Pittsburgh Culinary Institute, Pennsylvania.

Dan sejak itu, dunia kuliner benar-benar menjadi bagian dari hidupnya. Di tengah-tengah kesibukan kuliah, ia juga nyambi bekerja Lydia’s Pittsburgh, restoran Italia terkenal di Pittsburgh, Pennsylvania. Seakan tak puas mendalami dunia kuliner, ia pun kembali belajar di Word Pastry Championships dan sempat berguru pada ahli pastry seperti Ewald Notter dan Collete Peters.

Di sela-sela belajarnya, ia bekerja sebagai ahli pastry di Arizona Biltmore Resort, Phoenix, Arizona. Hingga akhirnya pada 2005, ia dan suaminya, Carson Quinn, merintis usaha kuliner sendiri dengan membuka restoran bernama Camus di New York. Sayang, restoran yang terletak di hotel bintang empat itu terpaksa dijualnya karena harus hijrah ke Jakarta.

Beruntung kepiawaiannya memasak tak sia-sia. Begitu tiba di tanah air, ia dipercaya memandu acara masak memasak Ala Chef. Di awal pekan pertama setiap bulannya, chef yang baru menetap di Indonesia sekitar delapan bulan ini, disibukkan dengan syuting Ala Chef –yang seringkali mengambil lokasi di luar kota.

Hobby Masak

Ibu Armand Quinn, (2) ini, mengakui sejak kecil memang gemar memasak. Ia acapkali menemani ibu dan neneknya memasak di dapur ketimbang bermain boneka. Mulai dari sekedar membantu membuat kue hingga mencoba-coba bikin kue sendiri. “Saya bersyukur ibu dan nenek tak keberatan, apalagi merasa terganggu. Dan kebisaan masak memasak itu terbawa, ketika saya harus jauh dari orangtua dan hingga detik ini,” kenang Farah.

Karena itu, ketika hendak liburan ke Indonesia, ia merasa surprise dengan adanya tawaran dari Trans TV untuk menjadi chef sekaligus presenter pada salah satu program barunya. “Setelah saya pikir-pikir kenapa tidak dicoba?. September saya kembali ke Indonesia untuk audisi dan langsung diterima. Oktober mulai pengambilan gambar dan saya merasa cocok, bulan berikutnya Ala Chef pun mulai ditayangkan,” kisah wanita bertubuh molek ini.

Diakui Farah, riwayat tentang dirinya memang telah dimiliki beberapa temannya ayahnya, termasuk raja Kuis, Helmy Yahya. “Mereka tahu saya dari acara Goodmorning Arizona. Kebetulan saya pernah menjadi bintang tamunya. Saya juga pernah tampil sebagai juri dibidang kuliner dalam acara pemilihan Gadis Pantene yang waktu itu disiarkan oleh Trans TV,” papar Farah.

Penampilannya dalam acara itulah yang memikat pihakTrans TV, membuat konsep acara kuliner yang berbeda dengan acara sejenisnya. Farah makin tertarik, karena dalam acara ini ia tampil tunggal tanpa bintang tamu. “Di acara ini, saya bertindak sebagai presenter plus chefnya. Syuting juga sering di luar kota, keliling Indonesia, meski masih seputar Jawa dan Bali, tapi sangat menyenangkan.”

Menu Daerah

Lama bermukim di luar negeri, tak membuat Farah lupa dengan menu-menu Indonesia. Karena itu, setiap kali tampil, ia gemar mendemokan masakan dari berbagai daerah. Biasanya, ia mencoba memadukan ide-ide pribadinya dengan menu-menu tradisional sesuai lokasi yang dikunjunginya. Meski sebelumnya ada tim survey terlebih dulu yang mencari tahu menu favorit, unik serta sederhana di setiap daerah yang dikunjunginya, ia tak tinggal diam. Itulah yang membuat menu yang disajikannya memang bernilai gizi dan tentunya yummy.

Bahkan ia sangat terkesan dengan masakan khas kota Solo, Jogjakarta dan Bali. “Kotanya memang indah dan kaya dengan beragam resep masakan yang sehat dan yummy. Sepulang dari Solo, berat badan saya langsung naik, saking nikmatnya,” kata chef yang suka makanan serba bakar dan semua jenis sayuran.

Yang menarik, disela-sela kesibukannya sebagai presenter Ala Chef, setiap weekend dan libur syuting, ia seringkali diundang ke berbagai acara masak-memasak di beberapa tempat. Dan sudah barang tentu, tampil di beberapa acara off air. “Saya tengah menyusun buku resep makanan sehat untuk anak-anak. Anak sehat menjadikan sebuah keluarga hidup sehat. Doakan bisa terbit dalam waktu dekat ini,” pintanya.  [view]

Tulisan ini ditulis dan dimuat untuk VIEW edisi Juli 2009

Advertisements

12 thoughts on “Farah Quinn

  1. makasih mba dah berkunjung ke blogku…
    setau saya resep yang digunakan oleh Farah tidak diterbitkan ke tabloid manapun… biasanya memang resep yg ia olah adalah dari masakan khas daerah yng dikunjunginya yg tentunya dengan dikolaborasikan kemampuannya sebagai chef gitu deh… dan rencananya memang, Farah tengah menysun buku resep sendiri…

  2. Hello,

    aku sering banget nonton acara farah di Trans. tapi ada resep

    yang aku ingin tanyakan. yaitu resep tgl 17 Oktober 2009 yang

    membuat brownies kukus. aku pengen sekali dapet resep itu bisa

    bantu kasih tau ya 🙂 terima kasih

  3. hello juga…
    waaah kebetulan juga tgl 17/10 kemarin aku ga nonton hehehe… tapi coba deh tanyain ke pihak Trans TV-nya dengan CP-nya ibu catherin produser acara Ala Chef…

    makasih atas kunjungannya dan semoga membantu…

  4. ak paling ngefans sama farah quenn… sayang jam tayangnya selalu pagi…
    tiap sabtu dan minggu ak gag bisa nonton, krn sabtu masih kerja dan minggu pagi harus ke gereja…

  5. mba farah aku tertarik menelititi acara kamu, buat skjripsi aku…. emmm kalo bisa pengen liat pembuaatan acaranya…. , makasi mba sebelumnya

    • wow.. guud… coba anda bisa meminta ijin ke pihak transtv selaku penayang programnya farah, pasti didukung dan ijinkan untuk kamu yg lg nyusun skripsi.. sukses selalu.

      salam dan terim kasih
      hai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s