Tren Fitur Kesehatan pada Perabotan Rumah

Seakan tengah mendengar cerita dari negeri dongeng, ketika tren gaya hidup sehat benar-benar terus membudaya. Terlebih, ditengah santernya berbagai isu penyakit aneh mewabah mulai meresahkan masyarakat dunia. Konsumen pun mulai kian sadar akan kehadiran produk berwawasan kesehatan. Kondisi ini, tentunya menjadi peluang besar bagi pabrikan elektronik rumah tangga yang mengusung fitur kesehatan pada setiap produknya.

Salah satunya adalah pabrikan asal Korea Selatan, LG Electronics yang baru-baru ini merilis produk home appliance dengan fitur-fitur kesehatan. Produk yang masuk dalam jajaran LG Home Appliance Health Collection tersebut diantaranya Air Conditioner (AC), vacuum cleaner, microwave, lemari es, mesin cuci, dishwasher dan Air Purifier. “Tak hanya modern, tapi produk tersebut dapat memberikan perlindungan kesehatan secara maksimal,” kata President Director PT LG Electronics Indonesia, Lee Kee Ju saat meluncurkan kampanye bertajuk Health Plus Campaign di Jakarta beberapa waktu lalu.

LG mengklaim, semua produk Air Conditioner (AC) dan Air Purifier buatannya telah dilengkapi dengan Neo Plasma Purifying System yang dapat melumpuhkan virus flu burung (H5N1).  Selain itu, LG pun melengkapinya dengan Ionizer dan sistem filter Allergy Care yang memurnikan udara, membunuh bakteri, dan menghilangkan bau. Sementara pada perangkat penghisap debu (vacuum cleaner) dilengkapi dengan fitur kesehatan seperti Kompressor Plus yang terdiri dari filter pembuangan HEPA karbon telah mendapatkan sertifikasi dari British Allergy Foundation.

Alat pencuci piring (dishwasher) keluaran LG pun menerapkan Hybrid Drying System yang secara efektif mengeringkan bak pencuci untuk menghilangkan cairan dalam mesin. Selain itu, perangkat dapur ini dilengkapi dengan lampu Ultra Violet yang mensterilkan piring-piring setelah pencucian. Sementara fitur kesehatan pada mesin cuci, terdiri dari Steam Technology, Smart Detergent Residue Sensor dan Allergy Care yang menyingkirkan penyebab alergi dan kuman selama proses pencucian.

Pada peralatan masak memasak seperti Oven Microwave, LG membenamkan fitur kesehatan SteamChef yang mampu menurunkan kadar garam di dalam masakan yang diolah. Sementar pada produk lemari es, LG menerapkan fitur VitaLight, Vacuum Fresh dan Green Ion Door Cooling yang akan menjaga kesegaran makanan, sayuran dan buah-buahan hingga dua setengah kali lebih lama.

Sebelumnya, raksasa elektronik asal Jepang, Sharp, lewat teknologi temuannya Plasmacluster juga menghadirkan fitur kesehatan pada produk AC, Air Purifier, kulkas, dan mesin cuci. Ion Plasmacluster yang dikembangkan Sharp pada produk AC, Air Purifier, kulkas dan meson cuci itu, mampu menonaktifkan mikroba di udara, penyebab alergi, serta bau-bauan yang tak sedap. Sharp pun mengklaim bahwa Ion Plasmacluster ini mampu mengurangi hingga 99 persen aktifitas virus patogenik dan mematikan virus influenza tipe A, (H5N1). Tak tanggung-tanggung, untuk membuktikannya itu, Sharp pun mendapatkan sertifikasi dari 13 lembaga riset Jepang dan negara lainnya termasuk Indonesia.

“Air Purifier Plasmacluster merupakan produk Sharp yang diproduksi khusus untuk menjawab persoalan kebutuhan manusia akan udara bersih dan sehat ditengah situasi pencemaran udara yang semakin parah di perkotaan. Tanpa kita sadari, udara di dalam rumah sendiri bisa 5 sampai 10 kali lebih terpolusi dan kotor dibandingkan dengan udara di luar rumah,” ungkap President Director PT Sharp Electronics Indonesia, Fumihiro Irie ketika menerima sertifikat hasil riset dari Institute of Human Virology and Cancer Biology-University of Indonesia beberapa waktu lalu.

Rupanya, teknologi temuan Sharp ini menarik minat para pabrikan otomotif Jepang, seperti Toyota, Hino, Isuzu, dan Denso untuk mengaplikasikan ion plasmacluter pada AC mobil buatannya. Demikian pula dengan lift buatan Fujitec dan kereta listrik Jepang, yang dikembangkan oleh Kawasaki Heavy Industry Ltd. “Memang, visi Sharp menuju tahun 2012 adalah berkontribusi kepada dunia melalui bisnis yang sadar lingkungan dan kesehatan, fokus kepada produk-produk penghasil energi dan hemat energi,” kata Takashi Suzuki, Division Health and Environment System Group Sharp Corporation.

Perabot elektronik rumah tangga buatan Sharp yang dilengkapi fitur kesehatan lainnya, hadir dalam water oven berlabel Healsio. Produk small home appliances ini dibekali dengan fitur-fitur terkini yang peduli kesehatan. Betapa tidak, lewat fitur Supperheated Steam-nya, dengan suhu uap air 300 derajat celcius, water oven Healsio mampu mengurangi kadar minyak dalam tubuh sebanyak 31 gelas dalam setahun. Selain fitur-fitur dasar seperti Steam, Grill, Microwave dan Convection, Sharp juga membenamkan fitur Energy Save Mode yang akan menghemat konsumsi energi listrik. ”Kami sangat yakin Healsio ini akan mampu mengambil tempat di pasaran, mengingat masyarakat kini sudah sangat peduli terhadap kesehatan,” kata Meilianti, Product Manager Small Home Appliances, Microwave Oven and Washing Machine Sharp Indonesia.

Memang, jauh sebelum pemanasan global atau beragam penyakit aneh menggejala, beberapa pabrikan elektronik telah menerapkan fitur yang mampu mendongkrak penjualan ini. Namun sepertinya, inilah momen tepat industri elektronik kembali melejitkan daya jual di tengah persaingan yang kian ketat. Seperti halnya yang dilakukan oleh LG, yang mengklaim bahwa produk buatannya yang dilengkapi fitur kesehatan memberi kontribusi penjualan cukup besar, mencapai 35 persen dari omset selama triwulan pertama tahun ini yang mencapai Rp 1,2 triliun.

Sementara bagi Sharp, upaya kampanye produk-produk berfitur kesehatan ini, tak lain untuk mewujudkan visinya menuju tahun 2012 dalam berkontribusi kepada dunia melalui bisnis yang sadar lingkungan dan kesehatan, fokus kepada produk-produk penghasil energi dan hemat energi. Paling tidak, dengan adanya gerakan produsen yang kian sadar untuk menghadirkan produk berwawasan kesehatan akan mendorong berkembangnya pola hidup sehat dan menyehatkan. Dan tentunya, diharapkan tidak saja bermanfaat bagi konsumen tapi juga pada bumi yang kian gersang ini.[view]

Tulisan ini ditulis dan dimuat untuk VIEW edisi Juli 2009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s