Eksistensi Dunia Otomotif Tanah Air

otoiPerhelatan akbar dunia otomotif kembali digelar. Sepertinya krisis ekonomi global yang mendera tak menyurutkan pabrikan otomotif untuk tetap eksis di ajang bergengsi ini.  Meski di gelaran The 17th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2009 ini, para peserta pameran lebih konsen meningkatkan angka penjualan dibanding menghadirkan kendaraan konsep.

Paling tidak, perhelatan yang diselenggarakan 24 Juli – 2 Agustus 2009, di Jakarta International Expo Kemayoran ini, sebagai bukti bahwa dunia otomotif Tanah Air masih tetap eksis. Terlebih jika dibandingkan dengan kondisi beberapa negara di kawasan Asia. “ Keberhasilan Indonesia untuk tetap mengadakan motor show patut diacungi jempol. Sebab ini membuktikan bahwa negara kita tidak terlalu parah terkena dampak krisis ekonomi global,” tegas Ketua Penyelenggara IIMS 2009, Johnny Darmawan.

Gelaran motor show yang ke tujuhbelas ini memang menggunakan tempat baru. Kepindahan lokasi pameran ini bukan tanpa alas an, setidaknya, didukung lebih banyak merek mobil. IIMS 2009 pun tampil lebih meriah dengan beragam acara pendukung yang memberikan pengalaman baru pada pengunjungnya. Salah satu yang menjadi daya tarik perhelatan tahun ini, adalah bergabungnya beberapa merek sepeda motor seperti Honda, Kawasaki, Yamaha, Piaggio dan Harley Davidson.

Di pameran ini, pengunjung bisa menikmati konsep motor show gallery. Dimana mobil dari berbagai merek ditampilkan dalam sebuah area pameran sehingga lebih memudahkan pengunjung untuk melihat-lihat city car hingga jejeran mobil-mobil mewah. Ya, di IIMS 2009 ini hadir pula merek mobil kelas premium semisal Ferrari, Maserati, Lamborghini, Aston Martin, Hummer, dan Bentley. Dan yang tak kalah menariknya adalah area Unique and Exotic Cars yang memajang mobil-mobil unik, antik serta klasik dengan menggandeng Indonesia Classic Car Owners Club (ICCOC). Salah satunya adalah mobil presiden RI pertama Ir Soekarno.

Beragam event pun digelar di ajang IIMS yang memanfaatkan luasnya lokasi pameran di Kemayoran ini. Diantaranya adalah Motor Show Concert 2009, sebuah ajang konser musik band-band papan atas saban malam harinya. Lalu Achilles Drift Show and Battle, sebuah ajang kompetisi dan atraksi ekstrim para drifter nasional yang tergabung dalam Indonesian Drift Community (IDC). Aksi ekstrim pun ditunjukkan komunitas sepeda BMX Professional Riders lewat beragam atraksi yang mendebarkan. Dan sebagai pelengkapnya, seperti biasa, di IIMS 2009 ini pun menghadirkan Car Audio Show yang dimeriahkan dengan Demo Car, Contest Car, Sound Quality Contest, Sound Pressure Contest, One Make Race Class, Hall of Fame Day, Get Wet Dancer hingga DJ performance.

Dan sepertinya, penyelenggara tak kehabisan akal untuk mendatangkan banyak pengunjung di acara ini. Diantaranya dengan menggandeng lebih dari 48 komunitas otomotif yang tergabung dalam Forum Komunikasi Klub dan Komunitas Otomotif (FK3O). Adapula kompetisi uji kekuatan otot dan kekompakan tim dalam Show Your Power yakni lomba menarik truckhead sejauh 100 meter. Pun dengan kalangan pelajar dan anak-anak, lewat program Student’s Day memberikan kesempatan para pelajar untuk menyaksikan pameran dunia otomotif terakbar ini. [view]

Tulisan ini ditulis dan dimuat untuk VIEW edisi Agustus 2009

Advertisements

2 thoughts on “Eksistensi Dunia Otomotif Tanah Air

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s