Bincang-Bincang Bersama Annisa Trihapsari

foto by Fernandez
foto by Fernandez

Semburat pesona artis cantik sekaligus model, Annisa Trihapsari (33) masih terpancar dari wajahnya yang ayu. Terlebih setelah ia memutuskan untuk selalu tampil mengenakan jilbab. Seakan inilah ‘sosok baru’ seorang yang sebelumnya muncul di panggung hiburan dengan nama Annisa Tribanowati.

Siang itu, istri dari Sultan Djorgi ini tak hanya tampak anggun saat melenggak-lenggok di atas catwalk. Pun ketika acara usai, Annisa yang masih mengenakan busana kebaya dengan bawahan batik khas Banten. Kerudung penutup kepala yang dikenakan pun tampil senada dengan busana kebaya yang membalut tubuhnya.

Memang, menurut perempuan kelahiran Jakarta, 24 Mei 1976 ini, sejak menikah dengan Sultan Djorgi ia berniat menutup tubuhnya. Keinginan itu semakin kuat setelah ia melahirkan anak pertamanya dengan Sultan yang diberi nama Aqueeni Aziz Djorghi, pada pertengahan April setahun silam. Tak heran bila, kini Annisa selalu tampil dengan busana lebih santun. Terlebih kecintaannya pada kain tradisional batik yang kini kerap ia kenakan di berbagai kesempatan.

Boleh jadi, kebanggaan bintang sinetron Love in Bombay terhadap batik kian bertambah. Pasalnya, kini koleksi kain tradisional jenis batik yang dimilikinya kian banyak dengan diperkenalkannya batik Banten. Hal ini diungkapkan Annisa dalam perbicangannya dengan VIEW, usai menjadi bintang tamu dalam peragaan busana bertajuk Kharisma Batik dan Tenun Banten hasil rancangan Riny Suwardy dalam pagelaran Parade Budaya Banten 2009 beberapa waktu lalu. Berikut perbincangan dengan Annisa seputar kecintaannya pada kain batik.

VIEW: Batik di mata Anda itu seperti apa sih?
ANNISA: Batik itu unik, tradisional dan tak kalah elegannya dengan jenis kain lainnya. Apalagi jika kain batik itu dimodifikasi sedemikian rupa, kesan unik dan tradisionalnya itu tak pernah lekang dimakan waktu. Dan inilah yang bikin saya bangga dan makin cinta sama kain tradisional ini.

VIEW: Sejak kapan Anda menyukai batik?
ANNISA: Wah, sejak kecil saya sudah suka dengan batik. Terlebih saya kan dibesarkan di keluarga dengan kultur Jawa yang tentunya sudah identik dengan batik.

VIEW: Biasanya dalam momen apa Anda mengenakan busana batik?
ANNISA: Dalam segala momen kadang saya mengenakan batik. Bahkan akhir-akhir ini kalau jalan-jalan ke mal pun saya pun tak sungkan-sungkan untuk mengenakan batik kok, apalagi kalau acara keluarga. Terlebih kini batik lagi ngetren, dimana-mana orang pakai batik.

VIEW: Lantas, selama ini sudah berapa banyak koleksi batik yang dimiliki?
ANNISA: Sudah tak terhitung lagi deh, karena biasanya saya lebih sering mengenakan busana batik di setiap kesempatan. Dan hari ini tentunya koleksi saya bertambah lagi yakni batik Banten.

VIEW: Dari sekian banyak koleksi batik Anda, yang paling disukai koleksi batik apa?
ANNISA: Batik Cirebon. Selain motif dan warnanya yang cerah, kebetulan ada saudara yang memproduksi jenis batik Cirebon. Sehingga keluarga pun sering disuplai dari sana.

VIEW: Selain batik, jenis kain apa lagi yang Anda sukai?
ANNISA: Memang saya juga suka dengan kain-kain tradisional negeri ini yang kaya akan budaya, seperti songket atau kain tenunan lainnya. Tapi dari sekian koleksi yang saya miliki, paling banyak ya batik.

VIEW: Koleksi batik terakhir yang Anda miliki?
ANNISA: Hmm lagi-lagi batik Cirebon. Dan tentunya batik Banten yang baru saja saya kenal dalam kesempatan ini. [view]

Tulisan ini ditulis dan dimuat untuk VIEW edisi September 2009

Advertisements

2 thoughts on “Bincang-Bincang Bersama Annisa Trihapsari

    • yup… bener pak luckman, batik kembali naik daun, naik pamor hingga digandrungi segala lapisan… semoga tetap terjaga warisan leluhur yang menjadi identitas bangsa Indonesia… semoga laris pula dagangan bapak…. hehehehe…. sukses terus….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s