Liburan Lebaran

dok. Panorama tour
dok. Panorama tour

Meski dunia tengah dilanda krisis, namun industri pariwisata sepertinya tak pernah ada matinya. Sepertinya sudah menjadi kebutuhan hidup dan gaya hidup semua orang, jika lebaran tiba, hari libur yang panjang dimanfaatkan sekaligus untuk berlibur. Mau liburan kemana tahun ini?

Ada banyak tawaran dari biro perjalanan wisata. Salah satunya Panorama Tours yang menawarkan Lebaran Holiday dengan tujuan ke berbagai negara. Lewat program –dengan tanggal keberangkatan 13 September hingga 3 Oktober— ini, Panorama menyodorkan potongan harga alias diskon sampai dengan 1.000 Dollar.  “Tagline Lebaran Holiday tahun ini yakni Makin Hemat Aje. Paket liburan lebaran yang kami tawarkan, banyak potongan dan hadiah, sehingga benar-benar hemat,” kata Meiti Monica, Vice President Outbound Leisure Auxiliaries Supply Chain Management, Panorama Tours.

Paling tidak beberapa paket destinasi direkomendasikan oleh Panorama bagi yang hendak liburan lebaran ke luar negeri. Seperti paket Japan Funtastic atau Korea Funtastic yang menawarkan pelisiran selama sepekan hingga sepuluh hari ke berbagai tempat wisata menarik di negeri Sakuran dan negeri Gingseng. Kawasan Asia lainnya yang ditawarkan adalah paket Malaysia Popular, Phuket Bangkok Pattaya, China Grand hingga Hongkong Shenzen Macau.

Kawasan yang hingga kini menjadi favorit para pelancong untuk berlibur saat lebaran adalah kawasan Eropa, mulai dari timur hingga Eropa Barat. Semisal Amazing Europe, paket liburan untuk mengunjungi kota Roma yang sarat dengan peninggalan sejarah hingga menyusuri Trafalgar Square, alun-alun pusat kota London. Tak kalah menariknya kawasan Eropa Timur, lewat Russia Scandinavia, pelancong akan diajak mengunjungi Kronborg Castle atau lebih dikenal Hamlet Castle. Dilanjutkan menikmati keindahan kota Moscow, Rusia yang memiliki Metro Subway –yang berjulukan sebagai subway termewah di dunia.

Dan tentunya masih banyak lagi kawasan destinasi mancanegara yang ditawarkan Panorama Tours, seperti kawasan Australia-New Zealand, China-Taiwan, Holyland, Mediterania hingga kawasan Afrika Selatan. Biaya untuk ragam paket tersebut bervariasi mulai dari 600 – 4.050 Dollar. Bahkan, Panorama pun menawarkan paket Tur EZ (tour easy) sebuah paket liburan hemat ke kawasan destinasi Asia, Timur Tengah hingga Eropa dengan harga mulai dari 1.569 – 2.689 Dollar.

Tradisi merayakan lebaran dengan liburan berbasis perjalanan darat pun kerap dijalani masyarakat negeri ini. Kegiatan yang sudah menjadi tradisi ini ditawarkan dalam paket Panoland (Panorama Overland) dengan tujuan Yogyakarta, Bromo dan Bali. Liburan menggunakan bus selama 4-11 hari ini tergolong murah, untuk perjalanan empat  hari ke Yogyakarta, hanya Rp 1,4 juta. [view]

Tulisan ini ditulis dan dimuat untuk VIEW edisi September 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s