Permak Tubuh Dengan Cosmetic Surgery

cosmetic-surgeryTampil menarik merupakan idaman setiap orang. tak melulu kaum wanita, kalangan pria pun mengidamkan bentuk tubuh yang sempurna. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan bedah kosmetik.

Bedah kosmetik atau lebih dikenal dengan operasi plastik di Indonesia kian diminati masyarakat. Tak hanya didominasi kalangan selebriti, masyarakat awam pun seakan tergiur. Dan sepertinya, bedah plastik kini menjadi bagian dari gaya hidup kalangan metropolitan. Tak sekadar untuk memperbaiki penampilan, tapi juga untuk menambah rasa percaya diri. Tentunya hal ini terjadi seiring dengan pergeseran gaya hidup dan bergantinya persepsi akan kecantikan.

Saat ini, bedah estetik dan teknologi advance beauty, semisal laser, botox, kian popular dan digandrungi. Teknologi tersebut lazim dibicarakan di media massa maupun dalam aktivitas sehari-hari. Tak pelak, klinik yang melayani operasi kecantikan bertebaran di mana-mana. Masyarakat pun tak lagi sungkan-sungkan untuk ‘mempermak’ bagian tubuh yang dirasa tak sempurna. Bahkan operasi plastik ini tak melulu monopoli kaum hawa, tapi para pria pun banyak yang menjalaninya, sebagai solusi memperbaiki penampilan ragawi. Padahal, dulu sekira dua puluh tahun lalu, masyarakat Indonesia menganggapnya sesuatu yang ‘tabu’ untuk dilakukan.

Kecantikan merupakan sesuatu yang bersifat subyektif dan standarnya berbeda dari zaman, ras maupun budaya. Dan kecantikan seseorang mempengaruhi kecantikan luar maupun inner beauty. “Kecantikan luar yang ditunjang dengan inner beauty memberikan kualitas hidup yang baik,” tegas dokter spesialis bedah plastik dan rekontruksi spesialis bedah craniomaxillofacial, dr Enrina Diah, SpBP dalam peluncuran bukunya Ultimate Beauty: Menjadi Pribadi Menakjubkan dengan Cosmetic Surgery di Jakarta beberapa waktu lalu.

Studi yang dilakukan di Universitas California, 2007 lalu, menunjukkan, seseorang dengan penampilan menarik di tempat kerja, dan memiliki kepribadian yang atraktif, akan lebih mendapat perlakuan spesial dan penghormatan lebih dari lainnya. Tak heran bila ia memiliki otoritas yang berbeda, mendapatkan gaji yang lebih tinggi, mudah mencari pasangan hidup dan teman serta beberapa kemudahaan lainnya. “Dengan kata lain, jika berhasil tampil sempurna, kita akan memperoleh keuntungan yang lebih, menjalani hidup sepenuh keyakinan, harga diri meningkat, lebih sehat, lebih dapat menikmati hidup dan menyenangkan semua orang yang berada di sekitar kita,” tandasnya.

Namun demikian, tak semua orang mendapat anugerah wajah yang cantik maupun bentuk fisik sempurna. Karenanya, bedah plastik dapat menjadi solusi untuk menyempurnakan atau memperbaiki bentuk wajah, hidung, mata, bibir, serta tubuh yang proporsional. Semisal payudara yang kecil, dapat diperbesar dengan tindakan breast augmentation. Sebaliknya, payudara yang terlalu besar juga dapat diperkecil bentuknya dengan operasi breast reduction. Dan jika klien memiliki keinginan yang jelas dan harapan yang realistis, bedah estetik dapat membantu memperbaiki dan menyempurnakan penampilannya, sehingga inner beauty seseorang akan lebih terpancar ke luar.

Dari sekian jenis tindakan itu, operasi mata menempati posisi teratas setelah jenis bedah kecantikan lainnya seperti memperbaiki alis, facelift, dan operasi membuat kelopak mata bagi klien yang tak punya kelopak mata. Pasalnya, berdasarkan data di lapangan bahwa dari sepuluh klien rata-rata lima hingga enam meminta operasi mata. Sisanya memilih operasi hidung, payudara, merapikan perut hingga sedot lemak.

Meski begitu, masih banyak ditemukan, klien melakukan perawatan dengan prosedur salah, seperti suntik silikon di salon yang tidak layak. Banyak contoh kasus dari operasi plastik yang salah prosedur. Menjadi cantik pun seakan bagai api jauh dari panggang. Tak heran bila pakar bedah kosmetik dari The Center for Aesthetic Dermatology, Dr Jeffrey Sklar menekankan pentingnya komunikasi antara dokter dan pasien untuk memahami alasan dari pasien untuk melakukan bedah plastik kosmetik. [view]

Tulisan ini ditulis dan dimuat untuk VIEW edisi September 2009

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s