Tempat Liburan Akhir Tahun Paling Menarik

Tak terasa tahun 2009 segera berakhir. Biasanya, akhir tahun identik dengan liburan. Berlibur ke sejumlah tempat wisata setelah berkutat dengan rutinitas sepanjang tahun, menjadi pilihan menarik. Dua hari, lima hari atau sepekan, bisa jadi menjadi liburan yang sangat berarti jika dapat menikmati akhir tahun yang berkesan.

Kini, banyak biro perjalanan yang menawarkan paket tur liburan akhir tahun. Panorama Tours, sejak Oktober hingga pertengahan Desember ini, gencar menawarkan liburan akhir tahun baik mancanegara maupun domestik dengan potongan harga mencapai 1.000 dollar. Tentunya ini pilihan bagi mereka yang tak mau repot-repot mengatur segala urusan dalam berlibur, mulai dari transportasi, akomodasi hingga tujuan destinasi yang dituju. Tapi bagi yang sudah menguasai seluk beluk daerah wisata yang akan dituju, tinggal merencanakannya sendiri tanpa ikut tur.

Lalu, kemana rencana liburan akhir tahun kali ini? Destinasi yang akan dituju, mancanegara atau domestik? Semua itu, tentunya harus disesuaikan dengan rencana dan anggaran yang tersedia. Namun paling tidak di bawah ini ada beberapa daerah tujuan wisata domestik –yang memiliki daya tarik tersendiri— layak dikunjungi. Paling tidak, tak sekadar berlibur, tapi sekaligus lebih mengenal kekayaan alam negeri sendiri yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Dimana selama ini begitu dikagumi oleh para wisatawan dari mancanegara karena keindahan dan kearifan lokalnya.

Bagi pecinta wisata diving tak ada salahnya mengunjungi pulau Wakatobi, destinasi yang sangat fantastis sebagai wisata selam dan wisata laut dengan keajaiban laut bawah dan terumbu karang terbaik di dunia, berlokasi di Laut Banda Sulawesi Tenggara. Wakatobi merupakan akronim dari gugusan Kepulauan Tukang Besi yang terdiri dari empat pulau besar yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Wakatobil dikenal juga sebagai Kepulauan Tukang Besi. Kepulauan yang hingga kini terkenal dengan pembuatan keris tradisional yang indah. Gugusan kepulauan ini memiliki alam yang masih asli, tenang dengan air laut jernih, gua-gua bawah laut yang saling berdekatan satu sama lain. Bisa jadi, wilayah ini merupakan kawasan wisata taman laut pertama di Indonesia.

Untuk bisa menikmati keindahan Wakatobi, terlebih di bulan Desember –yang menjadi bulan baik untuk kegiatan penyelaman— dibutuhkan waktu perjalanan 5-6 jam dengan kapal cepat dari Kendari atau transit di Bau-Bau. Namun kini, di pulau Tomia pun sudah tersedia jalur penerbangan dari Denpasar Bali. Tentunya ini akan membuat perjalanan ke Wakatobi semakin mudah dan nyaman. Tak heran bila banyak kalangan dunia pariwisata memprediksikan Wakatobi sebagai destinasi favorit di tahun 2010 mendatang.

Pilihan alternatif untuk mengisi liburan akhir tahun adalah menjelajahi wisata budaya di kawasan timur Indonesia. Ya, tentunya image Tanah Toraja masih begitu melekat sebagai kekayaan budaya, meski pamornya beberapa tahun terakhir ini sedikit meredup. Kawasan yang terletak sekira 350 KM sebelah utara kota Makassar ini terkenal dengan bentuk bangunan rumah adat Tongkonan serta upacara adat rambu solo (pemakaman) yang begitu kesohor. Untuk menuju Tanah Toraja yang mengagumkan ini bisa menggunakan jalur darat dari Makassar, memang cukup melelahkan karena harus ditempuh selama tujuh jam. Namun terdapat pula jalur penerbangan domestik memakai pesawat kecil dari Bandara Hasanudin Makassar dengan waktu tempuh hanya 45 menit saja.

Bagi yang tak memiliki waktu liburan panjang, kawasan ujung barat pulau Jawa bisa menjadi pilihan alternatif. Dan memang ternyata, kawasan ini menyimpan wisata alam yang tak kalah menariknya untuk dijelajahi di saat liburan nanti. Salah satunya adalah Taman Nasional Ujung Kulon –yang dideklarasikan oleh UNESCO sebagai Natural World Heritage Site. Selain Taman Nasional Ujung Kulon, kawasan yang sebagian besar masuk Kabupaten Pandeglang ini diberkahi sebaran pantainya yang eksotik, mulai dari Carita, Ciputih, Tanjung Lesung hingga Pulau Umang. Lantas jika bergeser ke selatan memasuki kabupaten Sukabumi terdapat ada kawasan Ujung Genteng, hingga Cisolok dan Sawarna, terhampar pantai pasir putih yang menghadap ke Samudera Hindia.

Mungkin hingga saat ini, destinasi Bali tetap menjadi impian sebagian kalangan untuk dijelajahi. Tak heran memang, pulau dewata yang kini ditetapkan sebagai Asia’s Best Resort Destination 2009 oleh CEI Asia, mengalahkan Thailand yang menempati peringkat kedua dan Gold Coast, Australia, di posisi ketiga. Memang, pamor Bali sebagai destinasi yang menjanjikan bagi para pelancong dibuktikan dengan pemandangan alam yang indah, pantai yang asri, hingga tempat wisata yang atraktif. Kafe, restoran, dan toko-toko seni yang berderet di sepanjang jalan juga menjadi daya tarik bagi wisatawan. Tak hanya itu, tradisi keagamaan yang dipegang teguh masyarakat Bali justru menjadi magnit yang kuat bagi wisatawan.

“Tak dipungkiri, Bali menjadi tempat tujuan paket tur wisata paling favorit wisatawan domestik yang akan menghabiskan waktu paket travel liburannya di akhir tahun, baik yang berangkat sendiri maupun melalui biro tur travel,” ungkap Ibu Fenny Maria, Vice President Retail Business Development Panorama Tours. [view]

Artikel ini ditulis dan dimuat untuk VIEW Edisi Desember 2009

Advertisements

16 thoughts on “Tempat Liburan Akhir Tahun Paling Menarik

  1. Kapan ya bisa ke Wakatobi? Dgr2 disana pemandangan bawa lautnya no1 didunai…. Air lautnya sangat jernih, kita bisa ngeliat kedalam laut hingga puluhan meter… wow, memang Indah tanah negriku!

  2. Pingback: Big Dream About Vacation | NyonyaHM's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s