David SG Pella: Perubahan untuk Kupang

Lahir dan dibesarkan di keluarga politisi, membuat dirinya tak asing lagi dengan segala aktifitas politik praktis. Dunia politik praktis pun akhirnya ia jejaki pula sejak belasan tahun silam. Peran langsung dari kedua orangtuanya dalam memoles warna politiknya begitu kental dalam sikap, pandangan serta mental politiknya.

Dialah David S.G Pella, SH, politisi muda yang memegang teguh sikap politik yang diajarkan kedua orangtuanya, yakni dalam perjuangan jangan sampai mempertimbangkan untung rugi. Rupanya falsafah dasar dalam pergerakan politiknya itu telah mendarahdaging sebagai sikap politiknya. Berbekal tekad dan niat perjuangan yang tulus itu, ia kini tampil ke muka untuk maju dalam pemilukada Kota Kupang periode 2012-2017 mendatang.

Pria kelahiran, Yogyakarta, 28 Oktober 1966 ini tumbuh dan besar di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama keluarga tercinta. Sejak usia SD, ia telah aktif berorganisasi, seperti kegiatan Pramuka yang akhirnya mengantarkan ia mengikuti kegiatan Jambore Asia Pasifik di Cibubur pada tahun 1981. Ketika di bangku SMA, David pun kerap terlibat dalam kegiatan OSIS. Rupanya, kecintaannya di dunia organisasi berlanjut saat menempuh pendidik di Fakultas Hukum, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Jawa Tengah. Mulai dari sinilah ia menempa diri menekuni dunia politik praktis.

Baginya, perubahan besar mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara serta kebijakan dan keputusan memberikan penghidupan yang lebih baik kepada rakyat, hanya dapat dilakukan melalui mekanisme keputusan politik. “Inilah yang melatari saya untuk terlibat langsung dalam kegiatan politik praktis,” ujar politisi sekaligus pengacara kondang ini.

Selain datang dari trah politik, David yang mulai menjejakkan kakinya dalam dunia politik pada tahun 1992 ini pernah menjabat sebagai Ketua Panitia Pendiri Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, dan selaku Ketua Pengawasan Pemilihan Umum yang mewakili buruh dan pekerja pada tahun 1999. Selain aktif di dunia politik praktis, pria yang berprofesi sebagai lawyer ini mengembangkan lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Effata di kota tempat tinggalnya, Kupang, NTT. Tak hanya itu, David pun saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Komisi Pengawasan Kinerja Aparatur Pemerintahan (Komnas PKP) di Jakarta.

Lantas, apa yang melatari ia memilih bergabung ke Partai Gerindra? Setidaknya ada dua hal yang membuatnya tertarik bergabung dengan partai berlambang kepala burung Garuda, yakni platform partai yang dapat menjawab tantangan Indonesia dalam menghadapi percepatan perubahan secara geo politik dan ekonomi Asia Pasifik. “Terlebih khususnya ASEAN, karena penekanan yang sangat besar pada ekonomi keraktaran dan masyarakat Indonesia sangat membutuhkan hal tersebut,” ujar ayah empat orang anak ini.

Selain itu, keberadaan figur Prabowo Subianto selaku pendiri dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra menjadi daya tarik tersendiri baginya untuk menjadikan Partai Gerindra sebagai kendaraan politiknya. “Sosok Prabowo sangat dibutuhkan saat ini bagi masyarakat Indonesia, karena platform politik dan sosok beliau dapat diterima pada semua strata sosial dan politik di Indonesia,” ungkap advokat yang tergabung dalam Peradi ini.

Di matanya saat ini pola pembangunan Kota Kupang tidak menempatkan elemen masyarakat sebagai Agent of Development. Sehingga menurutnya sangat jelas terlihat dalam tingkat pertumbuhan pengangguran masyarakat kota Kupang kian meningkat. Tidak hanya itu, rendahnya pendapatan perkapita masyarakat kota serta rendahnya tingkat pertumbuhan ekonomi kota Kupang membuat dirinya tergerak untuk maju dalam pesta demokrasi lokal Kota Kupang 2012 mendatang. “Betapa tidak, jika kita melihat secara keseluruhan model pembangunan pemerintah kota saat ini belum dapat menjawab tingginya angka penggangguran kota Kupang yang masih diatas sebelas persen,” tegasnya.

Tentu saja, majunya konsultan hukum dalam perebutan orang nomer satu di kota Kupang ini tak sekedar gagah-gagahan atau latah dengan euforia politik belaka. David mengusung program utama seperti; mensejahterakan ekonomi masyarakat Kota Kupang melalui keterlibatan langsung dalam aktivitas koperasi dan UKM. Pasalnya menurut kurator dan aktifis koperasi ini menilai, melalui kedua lembaga ini percepatan pembangunan ekonomi kelas bawah dan menengah di Indonesia cepat dapat dicapai. “Saya tetap berpendapat untuk wilayah timur Indonesia, khususnya NTT dan Kota Kupang, peran pemerintah masih harus dominan dalam percepatan pertumbuhan ekonomi kewilayahan dengan bertumpu pada Koperasi dan UKM,” urainya.

Untuk memaksimalkan aktifitas keseharian, David menerapkan manajemen waktu yang terintegrasi. David akan mendelegasikan kegiatan yang bersifat operasional dan taktis kepada tim lapangan baik kegiatan pengacaraan dan persiapan pemilukada Kota Kupang. Sementara yang bersifat strategis dan pengambilan putusan final, ia sendiri yang akan turun langsung.

Putra pasangan Drs B.A.A.S Pella dan Dra M.A.J Pella-Jacob, SH.MM, bertekad untuk memperhatikan masyarakat banyak terlebih dahulu baru kepentingan pribadi sebagai visi dan arah politiknya. Hal ini seiring dengan falsafah dasar dalam sebuah gerakan politik yang diajarkan kedua orangtuanya, ‘karamanya vadikarasta tema palesu kadatanya’ yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, artinya dalam perjuangan jangan mempertimbangkan untung rugi.

Sebagai calon pemimpin sebuah daerah ia pun mengakui bahwa saat ini Indonesi mengalami krisis kepemimpinan. Untuk itu, menurtnya, wilayah Indonesia yang luas dan dengan berbagai etnik dan budaya memerlukan figus kepemimpinan nasional yang tegas, berani dan tidak loyo. “Tidak ada artinya keberhasilan pembangunan fisik tanpa diserta dengan pembangunan karakter bangsa,” pungkasnya. [G]

Catatan: Artikel ini ditulis dan dimuat untuk Majalah GARUDA, edisi September 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s