Legitnya Bisnis Taksi Premium

Bisnis taksi premium kian marak. Meski pangsa pasar kelas ini sangat kecil, namun menjanjikan. Saking legitnya, kini banyak perusahaan merilis taksi mewah. Beragam inovasi ditawarkan guna menjaring pelanggan.

Salah satunya adalah yang ditawarkan PT Panorama Transportasi, Tbk yang meluncurkan taksi eksekutif berlabel White Horse Premium Cab pada awal 2009 lalu. White Horse Premium Cab hadir melayani pelanggan kelas atas yang menginginkan kenyamanan, keamanan dan hiburan selama perjalanan, cocok untuk Jakarta yang makin macet dan bisa meredakan stres selama perjalanan. Dari sisi teknologi informasi, peseroan ini telah mengimplementasikan Taxi Management System secara terintegrasi. Mulai dari pengaturan jadwal supir, pengaturan armada pada saat jalan sampai kepada pengaturan perawatan kendaraan serta penghitungan komisi supir untuk mendukung kegiatan operasional.

Memang, segmen kelas ini sangat kecil, namun White Horse Premium Cab –yang hadir dua tahun silam— melihat segmen ini tetap menarik. Pasalnya, kelas ini masih tergolong sedikit dibandingkan dengan tingkat kebutuhan akan taksi premium yang aman dan nyaman, sehingga memberikan kesempatan kepada operator untuk terus tumbuh. ”Bisnis taksi di segmen ini menarik karena pasarnya tidak sensitif terhadap harga, yang utama adalah keamanan dan kenyamanan,” ujar Dewi Astuti Suhendro, Marketing Communications Manager PT Panorama Transportasi, Tbk.

Hal tersebut terlihat dari pertumbuhan pendapatan taksi di tahun 2010 sebesar 394 persen menjadi Rp 11.082 juta dibandingkan tahun 2009 sebesar Rp. 2.244 juta. Dengan demikian, kontribusi yang diberikan White Horse Premium Cab pada tahun 2010 adalah sebesar 4,21 persen dari total pendapatan perseroan. Nilai ini lebih tinggi dibanding pada tahun sebelumnya sebesar 1,16 persen. Sementara imbal hasil atas pemanfaatan nilai bersih asset tetap (return on fixed asset) yang diberikan oleh jasa taksi premium ini sebesar 10 persen sedikit membaik dibandingkan dengan tahun 2009 yang sebesar 12 persen.

Menurut Dewi, White Horse Premium Cab dipandu oleh pengemudi yang handal, terpercaya dan mampu menyuguhkan layanan prima dengan jaminan kenyamanan maksimal bagi pelanggan. Selain itu, armada  dengan desain interior yang mewah dan jok kulit yang nyaman juga dilengkapi mesin argometer dan perangkat printer tanda terima pembayaran dan Global Positioning System (GPS) untuk menjamin ketepatan arah dan efisiensi waktu perjalanan. Untuk melengkapi kenyamanan perjalanan, tersedia pula TV satelit yang menyuguhkan hiburan dan informasi terkini.

Layanan eksklusif ala White Horse Premium Cab dengan didukung 200 armada saat ini hanya hadir di beberapa lokasi tertentu seperti mal dan hotel terkemuka di Jakarta serta Bandara Internasional Soekarno-Hatta terminal 2D dan 2E. Taksi premium –yang menggunakan armada mobil Hyundai Sonata— menyediakan pelayanan eksklusif 24 jam. Tentu saja layanan ini untuk lebih memfokuskan pada sasaran pasar yang dituju.

Sejak kehadirannya dua tahun silam, taksi premium berlabel White Horse Premium Cab ini kian diminati pelanggan. Meski memberikan layanan premium, namun harganya masih terjangkau oleh segmen kelas atas Jakarta. White Horse Premium Cab memberlakukan tarif awal Rp 7.500 dengan penambahan Rp 4.400 per kilometer. Sementara tarif tunggu dipatok Rp 50.000 per jam. ”Dibanding pemain lain, Premium Cab lebih terjangkau dengan layanan yang tak kalah mewah,” ujar Dewi.

Dan yang tak kalah pentingnya, dalam operasionalnya White Horse Premium Cab telah mengantongi sertifikat ISO 9001:2008 dan OHSAS 18001:2007 tentang kualitas pelayanan dan keamanan dan kesehatan yang dikeluarkan oleh TURV-Nord pada 2010 lalu.

Tak heran bila ketepatan waktu dan pelayanan prima pada pelanggan menjadi ciri khas yang dimiliki White Horse Premium Cab. Hal ini menurut Dewi, pada saat pelanggan memesan taksi, maka pelanggan akan menerima notifikasi berupa pesan singkat  (SMS) yang mengabarkan armada dengan pengemudi dan waktu kedatangan. ”Biasanya, armada akana tiba di lokasi pelanggan setengah jam sebelumnya,” terangnya. []

Pesona Hyundai Sonata
Demi merebut hati pelanggan di tengah ceruk pasar yang sempit, PT Panorama Transportasi, Tbk, selaku operator taksi kelas premium berani menghadirkan mobil yang lebih mahal. Pilihan pun jatuh pada Hyundai Sonata, sedan paling laris dalam enam tahun terakhir di negeri asalnya Korea Selatan. Tampilannya yang mewah dengan balutan warna hitam yang elegan tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Sonata hadir dengan konsep fluidic sculpture kian merefleksikan kecanggihan serta kedinamisan yang hadir melalui garis lekuk bodi yang tajam serta tegas di eksterior. Aksen garis ini tak sekedar menegaskan kesan premium yang dimilikinya, lebih dari itu Sonata pun tampil sebagai sedan besar yang memiliki basis sport. Sebuah perpaduan yang mengesankan antara sedan tradisional dengan empat pintu.

Di bagian interior, kesan kabin lapang begitu terasa saat memasukinya, baik saat duduk di depan maupun di bangku belakang. Kemewahan kembali terpancar dari desain kokpit serta balutan kulit pada joknya. Kesenyapan kabin pun menjadi kelebihan dari sedan yang sekelas dengan Toyota Camry atau Honda Accord ini.

Dan PT Panorama Transportasi, Tbk merupakan satu-satunya operator taksi kelas premium di Indonesia yang mendapatkan lisensi langsung dari Hyundai Motor Company. Sonata yang digunakan merupakan pabrikan tahun 2009 yang menggunakan mesin baru buatan Global Engine Alliance LLC. Sonata generasi kelima terakhir ini merupakan pengembangan dari seri NF sebelumnya. Karena itu dimensinya lebih besar di semua sisi; dengan panjang 4800mm, lebar 1830mm dan tinggi 1475mm. Sementara wheelbase naik 30mm menjadi 2730mm. []

Catatan: Artikel ini ditulis dan dimuat untuk Majalah QUALITY ACTION, Edisi 01/Oktober 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s