Lebih Dekat Dengan Esrita Usman Ermulan : Tingkatkan Taraf Hidup Petani

Lahan pertanian luas dengan tanah yang subur, menjadikan negeri ini dikenal sebagai negara agraris. Tapi siapa sangka kaum petaninya masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kondisi yang memprihatinkan inilah, membuat Esrita Usman Ermulan, M.Si merasa terpanggil untuk terjun ke dunia politik. “Saya sangat sedih melihat ketimpangan hidup yang terjadi di negeri ini. Apalagi saya kerap melihat langsung kondisi seperti ini di lapangan,” kata perempuan kelahiran Bukit Tinggi, 25 Desemeber 1957 ini.

CALEG DPR-RI Dapil JAMBI No URUT 2

CALEG DPR-RI Dapil JAMBI No URUT 2

Esrita merasa ngata yakin, lewat jalur politik, ia bisa ikut membantu dan peduli dengan kaum petani. “Naluri seorang wanita, apalagi ibu rumah tangga, biasanya lebih peka terhadap keadaan yang terjadi di sekelilingnya. Biasanya kita lebih peka dibanding kaum laki-laki. Kita lebih cepat terenyuh melihat keadaan kondisi masyarakat miskin di pedesaan,” papar istri Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs Usman Ermulan, MM ini.

Karena itu, Esrita memastikan jika keterlibatannya di dunia politik praktis bukan sekadar latah untuk memenuhi kuota 30 persen keterwakilan di legislatif. Sebab sebelumnya, sebagai istri seorang birokrat sekaligus politisi kawakan asal Jambi, Esrita kerap mendampingi sang suami terjun langsung ke tengah masyarakat hingga pelosok pedesaan. Bahkan sejak duduk di bangku sekolah hingga kuliah, ia aktif di berbagai organisasi.

“Menjadi politisi bukanlah hal mudah, apalagi bagi kaum perempuan. Tentunya ketika perempuan memutuskan untuk terjun ke panggung politik, maka tugas ganda menjadi keniscayaan. Untuk itu kita harus menyiapkan segala sesuatunya, mulai dari kemampuan dan kapasitas kita, termasuk dukungan dari keluarga,”  ujar lulusan Fakultas Pertanian Universitas Jambi ini.

Memuliakan cita-cita luhurnya, sejak akhir tahun lalu,Esrita pun rela mundur dari kedinasan sebagai tenaga pengajar di Universitas Jambi. Dan kini ia tercatat sebagai calon anggota legislatif (caleg) nomor urut 2 di bawah bendera Partai Gerindra dari Daerah Pemilihan (dapil) Jambi. Setidaknya, Esrita yang menguasai bidang pertanian ini akan terus memperjuangkan keberpihakannya kepada kaum petani yang selama ini dipandang sebelah mata oleh penguasa. Di samping bidang pertanian, peraih master bidang agronomi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) ini akan memperjuangkan di bidang pendidikan dan kesehatan. Pasalnya, selama ini pembangunan infrastruktur di bidang itu masih kurang maksimal.

Lantas seperti apa pandangan dan motivasi yang melatari akademisi yang terjun ke ranah politik ini. Lalu bagaimana pula yang akan dilakukannya agar bisa meraih kursi ke Senayan dari tujuh kursi yang diperebutkan dalam Pemilu 2014 nanti? Perempuan yang hobi memasak dan berkebun ini memaparkannya kepada Hayat Fakhrurrozi dari Majalah Garuda beberapa waktu lalu. Berikut petikannya:

Bisa ceritakan aktifitas keseharian Anda?

Sebagai seorang ibu rumah tangga, yang paling utama adalah mengurus suami dan anak-anak saya. Kalau sebelumnya, saya sebagai seorang tenaga pengajar di Fakultas Pertanian Universitas Jambi setidaknya dalam satu minggu bisa dua-tiga kali datang ke kampus. Dan sebagai istri seorang Bupati, saya harus melaksanakan tugas-tugas PKK, turun ke masyarakat pedesaan, memberi penyuluhan dan mengajak mereka hidup dengan sehat. Saya dan rekan-rekan SKPD juga membuat program-program pembangunan masyarakat. Termasuk mengadakan pembinaan di PKK pedesaan bersama ibu Camat, ibu Lurah sampai ke ibu RT setempat. Tujuannya adalah agar masyarakat dapat memotivasi anak-anak mereka untuk bersekolah dan mempunyai masa depan dengan pendidikan yang tinggi dan juga iman yang kuat.

Bisa ceritakan awal mula Anda terjun ke dunia politik?

Sebagai pengajar di kampus, paling tidak saya juga mengenal politik. Ditambah lagi suami yang berprofesi sebagai tokoh politik, tentunya saya mendapatkan ilmu dan berbagai pengalaman politik darinya. Konon katanya politik itu kejam, tapi saya pikir kalau niat kita ikhlas untuk membantu dan melindungi rakyat, maka rakyat akan sejahtera. Bagi saya politik hanyalah kendaraan atau sarana untuk mencapai kesejahteraan rakyat.

Tepatnya kapan?

Sejak saya berumah tangga dan bersuamikan Drs H Usman Ermulan, MM. Tentu saja saya selalu mendampingi dalam kegiatan kepemudaan seperti saat beliau menjabat sebagai Ketua KNPI, Ketua AMPI Provinsi Jambi pada saat itu. Kemudian, di tahun 1994 saya ikut mendampingi suami ke Jakarta sebagai Anggota DPR-RI. Saya juga aktif di kegiatan Paguyuban istri-istri DPR-RI waktu itu.

Apa yang melatarbelakangi Anda terjun ke politik praktis?

Berdasarkan pengalaman mengikuti kegiatan–kegiatan suami dan melihat kondisi riil para petani yang selalu berada di pihak yang lemah dan kurangnya keberpihakan pemerintah kepada mereka.

Lalu apa yang membuat Anda gabung dengan Gerindra?

Saya tertarik pada visi dan misi Pak Prabowo Subianto yang bertujuan untuk menyelamatkan rakyat melalui ekonomi kerakyatan yang tentu akan membela dan meningkatkan taraf hidup petani. Tidak hanya itu, beliau adalah seorang sosok pemimpin yang tegas dan berwibawa dan berpengetahuan luas baik nasional dan internasional. Di saat yang sama, beberapa rekan yang ada di DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi meminta dan merekrut saya sebagai unsur akademisi sekaligus untuk memenuhi keterwakilan perempuan. Akhirnya, saya mengajukan pengunduran diri sebagai dosen di Fakultas Pertanian Universitas Jambi.

Setelah gabung ke Partai Gerindra, apa yang Anda lakukan?

Tentunya, dengan segala kemampuan dan potensi yang saya miliki akan melakukan perekrutan massa untuk memilih Partai Gerindra sebanyak-banyaknya, sehingga partai ini menang di Pemilu 2014. Terlebih saya sebagai caleg, selain terus mensosialisasikan program Parti Gerindra dengan turun ke pelosok desa, saya juga memanfaatkan komunitas-komunitas yang selama ini saya bina. Sejauh ini, kontribusi sudah diberikan, apalagi setelah duduk nanti, tentu saya akan terus berjuang membesarkan dan mengawal program-program Partai Gerindra demi perubahan Indonesia Raya yang lebih baik. Selain aktif dalam setiap kegiatan saya juga duduk sebagai bendahara di ormas GRIB Provinsi Jambi.

Menurut Anda, kondisi Partai Gerindra di Jambi?

Partai Gerindra semakin dikenal masyarakat, terutama sosok Prabowo Subianto yang sangat didambakan oleh masyarakat hingga pelosok desa. Ini bukan omong kosong belaka, tapi nyatanya mereka sendiri yang menyampaikan hal itu kepada saya saat berinteraksi langsung dengan mereka. Tak heran bila khusus di Jambi, Partai Gerindra termasuk dalam empat besar partai yang berpengaruh.

Kenapa Anda baru maju di Pemilu 2014 nanti?

Memang, pada pemilu sebelumnya sudah ada beberapa partai yang menawari saya untuk maju, namun saya perlu waktu untuk menentukan partai yang tepat. Akhirnya saya tidak mencalonkan diri sebagai caleg. Dan tahun inilah momentum yang tepat untuk saya maju. Bagi saya, Partai Gerindra, partai yang tepat untuk berjuang sebagai anggota legislatif. Di pemilu ini, saya pun ditempatkan di dapil Provinsi Jambi.

Apa visi dan misi Anda sebagai caleg Partai Gerindra?

Dengan berlandaskan visi dan misi Partai Gerindra yang terus dikobarkan Ketua Dewan Pembina kita, Pak Prabowo Subianto yaitu untuk menyelamatkan bangsa melalui ekonomi kerakyatan berdasarkan usaha tani rakyat yang terkoordinir dengan baik.

Lalu program apa yang akan Anda tawarkan kepada konstituen nanti?

Sebagai orang yang bergelut di dunia pertanian saya akan memperjuangkan infrastruktur pertanian dan perkebunan dengan jalan yang baik tentu hasil tani yang berkualitas dapat cepat sampai ke tangan konsumen sehingga ekonomi kerakyatan akan tercipta dengan sendirinya.

Daerah mana saja yang bisa mendulang suara untuk Anda? Berapa targetnya?

Dapil Jambi sendiri terdiri dari sepuluh kabupaten/kota meliputi Kota Jambi, Kabupaten Kerinci, Merangin, Sarolangun, Batang Hari, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Tanjung Jabung Barat, Tebo, dan Bungo. Berdasarkan perhitungan tim kami, saya bisa mendulang suara banyak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Kerinci. Untuk bisa mendapat kursi dari tujuh kursi yang tersedia, maka setidaknya harus meraih sekitar 135 ribu suara.

Langkah apa saja yang sudah Anda lakukan sebagai caleg?

Sejauh ini, saya sudah mensosialisasikan Partai Gerindra berikut program-program aksinya salah satunya adalah menyelamatkan bangsa melalui potensi-potensi alam yang Indonesia miliki. Yang tak kalah penting adalah mengajak dan meyakinkan masyarakat kalau mau Pak Prabowo Subianto sebagai presidenya, maka pilihlah saya sebagai caleg Partai Gerindra. Karena masyarakat pun harus mengetahui dan paham untuk bisa mengantarkan Pak Prabowo sebagai presiden harus lebih dulu mendudukkan calegnya minimal 20 persen perolehan kursi di DPR.

Dalam berpolitik, siapa yang selalu menginspirasi Anda?

Yang selalu menginspirasi tentu saja suami saya, Drs H Usman Ermulan, MM. Beliau birokrat sekaligus politisi yang banyak mewarnai cara pandang saya dalam berpolitik. Alhamdulillah, saya dan suami sepakat untuk terus berbakti dan berbuat yang terbaik untuk negeri ini.

Menurut Anda politik itu apa?

Politik adalah suatu misi yang bertujuan untuk mensejahterakan rakyat di suatu negara. Gerakan-gerakan apapun yang mengarah kepada pencapaian kekuasaan itu, itulah yang disebut politik. Tentu saja gerakan tersebut harus berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

Lalu di mata Anda seperti apa kondisi perpolitikan negeri ini?

Kondisi politik kita masih jauh dari apa yang diharapkan masyarakat pada umumnya. Maunya, para pemimpin yang sudah terpilih nanti, kembalilah ke masyarakat dan memperjuangkan aspirasi mereka. Bukankah negara kita sudah sejak dulu menjalankan sistem demokrasi, namun apakah demokrasi kita ini sudah berjalan dengan baik? kita belum dapat memberikan jawaban yang pasti akan hal ini.

Seperti apa seharusnya kepemimpinan negeri ini?

Kita tentu mengharapkan pemimpin yang dapat mendengar dan mensejahterakan rakyat Indonesia pada seluruhnya terutama para petani. Lagipula, Negeri ini memiliki potensi tanah yang subur dan ini adalah modal penting bagi negara kita. Nah, saya rasa kepemimpinan nasional kita haruslah lebih tegas dalam menyelesaikan masalah masalah utama yang dihadapi negeri ini.

Menurut Anda peluang Prabowo dan Gerindra seperti apa?

Kalau ditanyakan langsung ke masyarakat sekitar saya, mereka menginginkan Pak Prabowo menjadi Presiden RI mendatang. Begitu juga dengan Partai Gerindra yang menjadi harapan dan sudah diagung-agungkan oleh masyarakat sekitar saya, yaitu dapil Jambi. Saya rasa inilah momentum baik untuk Pak Prabowo dan Partai Gerindra untuk menang.

Apa pesan Anda untuk para kader Gerindra, Caleg dan masyarakat Jambi dalam rangka memenangkan partai dan mengantarkan Prabowo sebagai Presiden?

Sahabat-sahabat Partai Gerindra agar tetap mengumandangkan Indonesia Raya. Sosialisasikan Partai Gerindra dengan meyakinkan masyarakat bahwa satu-satunya pemimpin kedepan yang dapat menyelamatkan bangsa adalah program yang ada pada calon presiden kita yaitu Bapak Prabowo Subianto. [G]

Catatan: Artikel ini ditulis dan dimuat untuk Majalah GARUDA Edisi September 2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s